Dina Kevin Sinaga, NPM 1906100046 (2023) DAMPAK PENERAPAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILL MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LABUHANBATU TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Dampak dari penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu dengan Sebelum dan Sesudah. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif dengan Pendekatan Analisis Komparatif. Untuk Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Seperti: Program Kampus Mengajar, & Program Pertukaran Mahasiswa) sebanyak 120 Mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 89 Mahasiswa berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% (0,05), Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Nonprobability Sampling dengan Quota Sampling. Instrumen Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan Kuesioner berupa Pernyataan melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Lima Indikator Soft skill terdapat Tiga Soft skill yang meningkat sangat tinggi dari Sebelum dan Sesudah mengikuti Program MBKM, yaitu; 1). Kemampuan Berkomunikasi Sebelum bernilai 23, 30% namun Sesudah mengikuti meningkat sebanyak 29,78% dengan nilai Sig. (2-tailed) nya .000 < 0,05, artinya terdapat Peningkatan yang signifikan yang terjadi pada Kemampuan Berkomunikasi Mahasiswa FKIP., 2) Kemampuan Pemecahan Masalah Sebelum bernilai 27,03% namun Sesudah mengikuti meningkat sebanyak 32, 71% dengan nilai Sig. (2-tailed) nya .000 < 0,05, artinya terdapat Peningkatan yang signifikan yang terjadi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa FKIP., 3). Kemampuan Beradaptasi Sebelum bernilai 25,82% namun Sesudah mengikuti meningkat sebanyak 32,09% dengan nilai Sig. (2-tailed) nya .000 < 0,05, artinya terdapat Peningkatan yang signifikan yang terjadi pada Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa FKIP., Sedangkan untuk Kemampuan Bekerjasama dan Kemampuan Kepemimpinan meningkat dengan nilai yang sama sebanyak 28,87%, dengan nilai Sig. (2-tailed) nya .000 < 0,05, artinya terdapat Peningkatan yang signifikan yang terjadi kepada Mahasiswa. Maka, kesimpulan dari Penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan data yang didapat dengan mengikuti Program MBKM berpengaruh positif/signifikan terhadap Soft skill Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu, 2) Dari Hasil Uji Hipotesis Komperatif menunjukkan bahwa benar terdapat perbedaan yang signifikan pada Mahasiswa Sebelum dan Sesudah mengikuti Program MBKM. Kata kunci: Program MBKM, Soft Skill.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program MBKM, Soft Skill. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 03:05 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 03:05 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/445 |
Actions (login required)
View Item |