ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TINGKAT SMA SWASTA DI KECAMATAN PANAI TENGAH

Windiani, NPM 1904300071 (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TINGKAT SMA SWASTA DI KECAMATAN PANAI TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran biologi di tingkat SMA Swasta. Model pembelajaran berbasis proyek menjadi salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, penerapan model pembelajaran ini dalam konteks pembelejaran biologi masih mengalami beberapa kesulitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan tiga guru biologi dari tiga sekolah tingkat SMA Swasta di Kecamatan Panai Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi terkait pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi menghadapi beberapa kesulitan dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek. Temuan utama menunjukkan bahwa kesulitan guru meliputi: (1) Kurangnya pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang konsep pembelajaran berbasis proyek, (2) Tuntutan waktu yang ketat dalam menyelesaikan proyek dengan melibatkan siswa, (3) Keterbatasan sumber daya dan fasilitas untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru biologi dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek serta perlunya dukungan yang lebih baik dalam hal sumber daya yang relevan dan bahan ajar yang sesuai untuk mendukung proyek-proyek tersebut. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kesulitan Guru, Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kesulitan Guru, Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:49
Last Modified: 03 Jan 2024 03:49
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item