PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DIKELAS XI SMA NEGERI I PANAI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

SUHENDRA, NPM 1904300086 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DIKELAS XI SMA NEGERI I PANAI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia di SMA Negeri I Panai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen ialah suatu metode penelitian yang biasa digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Deskripsi data yang disajikan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest kelas Mind Mapping diperoleh nilai tertinggi sebesar 57 dan nilai terendah 30 dengan rata-rata dan standart deviasi 39.27 ± 6,54. Sementara pada kelas konvensional dari hasil pretes diperoleh nilai tertinggi 53 dan terendah 30 dengan rata-rata nilai dan standart deviasi 39.6 ± 5.76. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Sistem Gerak Manusia Dikelas XI SMA Negeri I Panai Tengah Tahun Pembelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Model Pembelajaran Mind Mapping, SMA Negeri 1 Panai Tengah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Biologi, Model Pembelajaran Mind Mapping, SMA Negeri 1 Panai Tengah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:28
Last Modified: 05 Jun 2024 04:28
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item