WAHAB HISBULLAH, NPM 2005100032 (2024) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING PADA SISWA KELAS XI. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (2). pp. 32409-32414. ISSN 2614-3097 (e-ISSN)/ 2614-6754 (p-ISSN)
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
LOA.pdf Download (249kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (357kB) |
Abstract
Minat belajar merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan di dalam proses belajar mengajar terutama minat belajar matematika. Minat belajar matematika menjadi objek yang sangat menarik untuk teliti dan dikembangkan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Menggunakan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat belajar terutama minat belajar matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning untuk meningkatkan minat belajar matematika yang dilakukan di kelas XI Akuntansi dan XI TKJ SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI Akuntansi dan XI TKJ SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani bahwa hasil minat belajar matematika mereka yang diukur dengan instrumen penelitian yaitu lembar angket menunjukkan bahwa tingkat rata-rata minat belajar mereka dikategorikan cukup yaitu sebesar 71%-75% dan setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning tingkat rata-rata minat belajar meningkat menjadi 79%-84%. Kata Kunci : Minat Belajar Matematika, Self-Directed Learning, Model Pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Matematika, Self-Directed Learning, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:48 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1139 |
Actions (login required)
View Item |