CULTURAL RESPONSIBILITY TEACHING SEBAGAI PONDASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

MAYANG SARI HASIBUAN, NPM 2106100005 (2025) CULTURAL RESPONSIBILITY TEACHING SEBAGAI PONDASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Kewarganegaraan, 8 (2). pp. 1450-1460. ISSN 2723-2328 (e-ISSN)/ 1978-0184 (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (569kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (607kB)

Abstract

Cultural Responsive Teaching (CRT) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya, menerapkan pembelajaran yang gotong-royong, dan adaptif. Pembelajaran yang terkoneksi dengan nilai budaya menjadi salah-satu manifestasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mengajarkan nilai karakter. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan cara mengumpulkan berbagai macam sumber literatur yang relevan dengan topik. Studi literatur merupakan proses mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi dari berbagai sumber bacaan. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa nilai-nilai budaya sebagai filsafat pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dihasilkan melalui perenungan dan berpikir secara bijaksana dapat memberikan pemikiran yang kritis dan logis terhadap aspek kehidupan yang berkembang dalam masyarakat, termasuk nilai-nilai budaya yang merupakan hasil pemikiran masyarakat hakikatnya ialah diproduksi melalui rangkaian pemikiran dan kausalitas masyarakat dalam melaksanakan interaksi. Nilai budaya sebagai landasan karakter peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terelaborasikan melalui berbagai macam budaya-budaya nusantara yang menjunjung tinggi nilai kerukunan dan gotong-royong. Kata Kunci : CRT, Karakter, PPKn ===================================================================================================== Cultural Responsive Teaching (CRT) is a learning approach that integrates cultural values, implements cooperative learning, and is adaptive. Learning that is connected to cultural values is one manifestation of Pancasila and Citizenship Education that teaches character values. This study uses a literature review method by collecting various sources of literature that are relevant to the topic. Literature study is the process of collecting, analyzing, and presenting information from various reading sources. The results of this study are that cultural values as a philosophy of learning Pancasila and Citizenship Education are produced through reflection and thinking wisely can provide critical and logical thinking about aspects of life that develop in society, including cultural values that are the result of community thinking that are essentially produced through a series of thoughts and causality of society in carrying out interactions. Cultural values as the basis for the character of students in learning Pancasila and Citizenship Education are elaborated through various cultures of the archipelago that uphold the values of harmony and mutual cooperation. Keywords : CRT, Character, PPKn

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CRT, Karakter, PPKn =========================== CRT, Character, PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 16 May 2025 04:19
Last Modified: 16 May 2025 04:19
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item