IRNANDARI PANGESTU, NPM 2101100084 (2025) PENGARUH IDENTITAS MEREK, HARGA, PROMOSI DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINUMAN HERBAL. Tugas_Akhir(Artikel) YUME : Journal of Management, 8 (1). pp. 1691-1703. ISSN 2614-851X (e-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh identitas merek, harga, promosi, dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen pada minuman herbal wedang jahe merah di Labuhanbatu Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 110 responden yang merupakan pelanggan atau masyarakat yang mengetahui produk lokal wedang jahe merah. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Identitas merek yang kuat meningkatkan kepercayaan konsumen, harga yang kompetitif memengaruhi daya tarik produk, promosi yang efektif memperbesar minat beli, dan desain kemasan yang menarik membangun persepsi positif. Dengan demikian, strategi yang optimal dalam aspek tersebut dapat membantu UMKM mengatasi stagnasi dan meningkatkan daya saing produk. Kata Kunci: Identitas Merek, Harga, Promosi, Desain Kemasan, Keputusan Pembelian ===================================================================================================== This study aims to analyze the influence of brand identity, price, promotion, and packaging design on consumer purchasing decisions for red ginger herbal drinks in North Labuhanbatu. The method used is quantitative by distributing questionnaires to 110 respondents who are customers or people who know the local red ginger wedang product. Data were analyzed using statistical methods with the SmartPLS application. The results showed that the four variables had a significant influence on purchasing decisions. Strong brand identity increases consumer trust, competitive prices affect product appeal, effective promotions increase purchasing interest, and attractive packaging designs build positive perceptions. Thus, an optimal strategy in these aspects can help MSMEs overcome stagnation and increase product competitiveness. Keywords: Brand Identity, Price, Promotion, Packaging Design, Purchasing Decisions.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identitas Merek, Harga, Promosi, Desain Kemasan, Keputusan Pembelian=========================Brand Identity, Price, Promotion, Packaging Design, Purchasing Decisions |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 08:50 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 07:07 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |