ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM TEMPE DI KECAMATAN MARBAU

SHINTA WULAN SINAR HATI, NPM 2101100148 (2025) ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM TEMPE DI KECAMATAN MARBAU. Tugas_Akhir(Artikel) Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 4 (2). pp. 256-271. ISSN 2809-6037 (e-ISSN) 2809-5901 (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix, yang terdiri dari inovasi produk, saluran distribusi, dan kualitas produk, terhadap peningkatan penjualan produk UMKM tempe di Kecamatan Marbau. UMKM tempe di wilayah tersebut menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing dan volume penjualannya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari pelaku UMKM tempe setempat. Variabel yang dianalisis meliputi inovasi produk (penambahan variasi dan diferensiasi tempe), saluran distribusi (media distribusi yang digunakan untuk menjangkau konsumen), dan kualitas produk (standar produk yang mempengaruhi kepuasan pelanggan). hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwasannya inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan Penjualan, kualitas produk tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap peningkatan penjualan, saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dan Inovasi produk, kualitas produk dan saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan Penjualan. Kata Kunci : Saluran Distribusi, Marketing Mix, Inovasi Produk, Kualitas Produk, Penjualan UMKM Tempe ===================================================================================== This study aims to analyze the effect of marketing mix, consisting of product innovation, distribution channels, and product quality, on increasing sales of tempeh UMKM products in Marbau District. Tempeh UMKM in the area face challenges in increasing their competitiveness and sales volume. Therefore, this study uses a quantitative approach with a survey method to collect data from local tempeh UMKM actors. The variables analyzed include product innovation (additional variations and differentiation of tempeh), distribution channels (distribution media used to reach consumers), and product quality (product standards that affect customer satisfaction). the results of the study it can be concluded that product innovation has a positive and significant effect on increasing Sales, product quality has no effect and is not significant on increasing sales, distribution channels have a positive and significant effect on increasing sales and Product innovation, product quality and distribution channels have a positive and significant effect on increasing Sales. Keywords: Distribution Channels, Marketing Mix, Product Innovation, Product Quality, Tempeh UMKM Sales

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Saluran Distribusi, Marketing Mix, Inovasi Produk, Kualitas Produk, Penjualan UMKM Tempe====================Distribution Channels, Marketing Mix, Product Innovation, Product Quality, Tempeh UMKM Sales
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:36
Last Modified: 07 Aug 2025 07:36
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item