HAPNIDA SIREGAR, NPM 2101100073 (2025) PENGARUH PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM, IKLAN, DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI PLATFORM SHOPEE DAN TIKTOK. Tugas_Akhir(Artikel) Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4 (1). pp. 190-203. ISSN 2829-2502 (e-ISSN) 2829-260X(p-ISSN)
![]() |
Text
COVER FULL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (820kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi gratis ongkir, iklan dan Celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian di tinjau dari Platform Shopee dan Tiktok. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui pendekatan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 86 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket dan studi dokumentasi. alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi gratis, iklan dan Celebrity endorsement berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Terlihat dari hasil koefisien determinasi sebesar 0,623. Nilai ini berarti bahwa Keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh promosi gratis ongkir, iklan dan celebrity endorsement sebesar 62,3%. Sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Iklan, Dukungan selebriti, Promosi pengiriman gratis, Keputusan pembelian ========================================================== This study aims to determine the effect of free shipping promotions, advertising and celebrity endorsements on purchasing decisions reviewed from the Shopee and TikTok platforms. This type of research is associative research. Data collection in this study was carried out through a survey approach with a quantitative descriptive research type by distributing questionnaires to 86 respondents. Data collection techniques were carried out using interviews, questionnaires and documentation studies. The data analysis tool used in this study used SPSS. The data analysis technique in this study is descriptive analysis. The results of the study indicate that free promotions, advertising and celebrity endorsements influence purchasing decisions both partially and simultaneously. It can be seen from the results of the determination coefficient of 0.623. This value means that purchasing decisions can be explained by free shipping promotions, advertising and celebrity endorsements by 62.3%. While the remaining 37.7% is influenced by other variables not examined in this study. Keywords: Advertising, Celebrity endorsements, Free shipping promotions, Purchasing decisions
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Dukungan selebriti, Promosi pengiriman gratis, Keputusan pembelian=================Advertising, Celebrity endorsements, Free shipping promotions, Purchasing decisions |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:56 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |