ANGGINA OKTAVIA NASUTION, NPM 2101200301 (2025) PENGARUH ENDORSE, INFLUENCER, MARKETING DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PONDOK HIJAU GUNUNG TUA. Tugas_Akhir(Artikel) JURNAL INVESTASI, 11 (1). pp. 11-21. ISSN 2686-102X (e-ISSN) 2442-4331 (p-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (328kB) |
Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, pemanfaatan endorse, influencer, markting dan media sosial menjadi strategi pemasaran yang semakin populer dan diyakini mampu memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh endorse, influencer, marketing, dan iklan media social terhadap Keputusan pembelian konsumen terhadap rumah makan pondok hijau. Pada Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel 98 responden yang merupakan pelanggan rumah makan pondok hijau. Metode analisis yang diterapkan dalam studi ini adalah teknik regresi linear ganda dengan memanfaatkan SmartPLS sebagai alat bantu. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa endorse, influencer, pemasaran, dan iklan di platform media social memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, baik secara individual maupun bersamaan. Dari penelitian ini yang paling dominan adalah endorse sebesar 0,276 atau 27,6%. Hasil uji R2 sebagai bukti bahwa mampu menjelaskan variabel dependen yang telah diteliti yaitu variabel keputusan pembelian konsumen sebesar 0,722 atau 72,2%. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pelaku usaha dalam merancang strategi promosi yang efektif di era digital. Kata Kunci: Endorse, Influencer, Marketing, Iklan Media Sosial, dan Keputusan Pembelian Konsumen ================================================================================================== In the ever-evolving digital era, the use of endorsements, influencers, marketing and social media has become an increasingly popular marketing strategy and is believed to be able to influence consumer behavior. This study aims to determine the effect of endorsements, influencers, marketing, and social media advertising on consumer purchasing decisions towards Pondok Hijau restaurants. The method used in this study is quantitative and data is obtained through the distribution of questionnaires with a sample of 98 respondents who are customers of Pondok Hijau restaurants. The analysis method applied in this study is the multiple linear regression technique using SmartPLS as a tool. The research findings indicate that endorsements, influencers, marketing, and advertising on social media platforms have a positive and significant impact on consumer purchasing decisions, both individually and simultaneously. From this study, the most dominant is endorsement at 0.276 or 27.6%. The results of the R2 test as evidence that it is able to explain the dependent variable that has been studied, namely the consumer purchasing decision variable of 0.722 or 72.2%. This finding provides important implications for business actors in designing effective promotional strategies in the digital era. Keywords: Endorsement, Influencer, Marketing Social Media Advertising, Purchasing Decisions
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Endorse, Influencer, Marketing, Iklan Media Sosial, dan Keputusan Pembelian Konsumen=================Endorsement, Influencer, Marketing Social Media Advertising, Purchasing Decisions |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:02 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:02 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |