ANALISIS MANAGEMEN WAKTU TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII

Widia Hafni Pohan, NPM 1905100034 (2023) ANALISIS MANAGEMEN WAKTU TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII. Tugas_ Akhir (Artikel) : Jurnal Basicedu, 7 (1). pp. 779-786. ISSN 2580-1147 (e-ISSN) / 2580-3735 (p-ISSN)

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (486kB)

Abstract

Matematika memiliki karakter yang koheren, sistematis dan logis. Banyaknya kesukaran yang dialami siswa saat belajar matematika. Karena siswa masih belum dapat berkonsentrasi dengan baik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa berkonsentrasi dalam belajar matematika, faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya, serta bagaimana upaya guru mengatasi faktor yang menghambat konsentrasi tersebut.Subjek penelitian adalah guru matematika dan peserta didik kelas VIII yang berjumblah 56 siswa. Deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini.alat pengumpulan data, survey, observasi dan wawancara. Hasil penelitian 1) fokus belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nur Ibrahimy cukup tinggi. 2) sebagian besar siswa dapat memperhatikan saat guru menjelaskan meteran di depan kelas, 3) sebagian besar siswa sudah termotivasi untuk belajar, 4) upaya yang dilakukan guru untukmengatasihambatanbelajar.Terdapat pengaruh manajemen waktu belajar terhadap konsentrasi belajar matematika siswa kelas VIII Nur Ibrahimy. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Matematika. ====================================================================== Matematika memiliki karakter yang koheren, sistematis dan logis. Banyaknya kesukaran yang dialami siswa saat belajar matematika. Karena siswa masih belum dapat berkonsentrasi dengan baik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa berkonsentrasi dalam belajar matematika, faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya, serta bagaimana upaya guru mengatasi faktor yang menghambat konsentrasi tersebut.Subjek penelitian adalah guru matematika dan peserta didik kelas VIII yang berjumblah 56 siswa. Deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini.alat pengumpulan data, survey, observasi dan wawancara. Hasil penelitian 1) fokus belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nur Ibrahimy cukup tinggi. 2) sebagian besar siswa dapat memperhatikan saat guru menjelaskan meteran di depan kelas, 3) sebagian besar siswa sudah termotivasi untuk belajar, 4) upaya yang dilakukan guru untukmengatasihambatanbelajar.Terdapat pengaruh manajemen waktu belajar terhadap konsentrasi belajar matematika siswa kelas VIII Nur Ibrahimy. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:36
Last Modified: 07 Sep 2023 04:36
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item