Muhammad Taufik Amin, NPM 1904300051 (2023) ANALYSIS OF STUDENTS LEARNING INTEREST IN BIOLOGY SUBJECT MATTER OF VIRUSES IN GRADE X SENIOR HIGH SCHOOL. Tugas_ Akhir (Artikel) : BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, Unversitas Lambung Mangkurat, 5 (2). pp. 179-186. ISSN 2714-9803 (e-ISSN) / 2684-9062 (p-ISSN)
Text
Cover _ Muhammad Taufik Amin.pdf Download (9MB) |
|
Text
Muhammad Taufik Amin _ Artikel Ilmiah (Tugas Akhir).pdf Download (603kB) |
Abstract
Mata pelajaran biologi konsep virus yang materinya bersifat abstrak umumnya dapat menurunkan minat belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik mempengaruhi hasil belajarnya baik secara akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bilah Hilir pada mata pelajaran biologi konsep virus. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA-1 dan X MIA-2 dengan total sebanyak 65 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar peserta didik, dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan indikator perasaan senang peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebesar dan keterlibatan peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh kategori “sebagian besar”, sedangkan indikator perhatian peserta didik terhadap pelajaran dan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh kategori “hampir seluruhnya”. Berdasarkan hasil angket dan wawancara disimpulkan bahwa media, metode, dan sarana pendukung di sekolah secara terintegrasi mempengaruhi minat belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Virus; Minat Belajar; Pembelajaran Biologi; Penelitian Kualitatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 09:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 09:01 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |