PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS, CITRA RUMAH SAKIT, KEPUASAN PASIEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN (STUDI PADA PASIEN RAWAT INAP RSUD KOTAPINANG)

Fitriana Hasibuan, NPM 1901100254 (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS, CITRA RUMAH SAKIT, KEPUASAN PASIEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PASIEN (STUDI PADA PASIEN RAWAT INAP RSUD KOTAPINANG). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (484kB)

Abstract

The trend of decreasing the number of inpatients from month to month in 2020, and even the decrease in the number of visits compared to 2019, can be expected because inpatients are not using the Kotapinang Regional Hospital's inpatient services again. It can also be suspected as a result of patient dissatisfaction with less effective facilities or services that do not meet the patient's previous expectations. If this is allowed to continue, Kotapinang Regional Hospital patients will choose to use other hospital health services. With the aim of knowing the influence of service quality, facilities, hospital image and patient satisfaction which can significantly increase patient loyalty. Based on the research, the results of simultaneous hypothesis testing (F test) showed that service quality, facilities, hospital brand image and patient satisfaction had a positive and significant effect with the results obtained by the value Fcount (8.730)>Ftable (2.75) at a significance level of 0 .00 < 0,05 on patient loyalty in inpatients at Kotapinang Regional Hospital. The Adjusted R Square value shows that patient loyalty for inpatients at RSUD Kotapinang can be influenced by the quality of service, facilities, hospital brand image and patient satisfaction by 30.4%, while the remaining 69.6% is influenced by other factors not discussed in this research. Keywords : Service Quality, facilities, Hospital Image, Patient Satisfaction and Patient Loyalty ============================================================ Tren penurunan jumlah pasien rawat inap tersebut dari bulan ke bulan pada tahun 2020, bahkan penurunan jumlah kunjungan dibanding tahun 2019 lalu dapat diduga karena pasien rawat inap tidak menggunakan layanan rawat inap RSUD Kotapinang kembali. Dapat juga diduga sebagai akibat dari ketidakpuasan pasien terhadap sarana-prasarana yang kurang efektif, ataupun layanan yang tidak sesuai harapan pasien sebelumnya. Jika hal ini dibiarkan terus maka pasien RSUD Kotapinang akan memilih mempergunakan layanan kesehatan rumah sakit lain. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, fasilitas, citra rumah sakit dan kepuasan pasien secara sigifikan dapat meningkatkan loyalitas pasien. Berdasarkan penelitian maka diperoleh Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilita, citra merek rumah sakit dan kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan dengan diperoleh hasil nilai Fhitung (8,730)>Ftabel (2,75) pada taraf signifikan 0,00 < 0,05 terhadap loyalitas pasien pada pasien rawat inap RSUD Kotapinang. Nilai Adjusted R Square menunjukkan loyalitas pasien pada pasien rawat inap RSUD Kotapinang mampu dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, fasilitas, citra merek rumah sakit dan kepuasan pasien sebesar 30,4%, sedangkan sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi factor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Layanan, fasilitas, Citra Rumah Sakit, Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Facilities, Hospital Image, Patient Satisfaction And Patient Loyalty =============================== Kualitas Layanan, Fasilitas, Citra Rumah Sakit, Kepuasan Pasien Dan Loyalitas Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:53
Last Modified: 12 Oct 2023 09:53
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item