Dosma Situmorang, NPM 2104102025 (2024) WATCH PARTY: A WAY TO BOOTS STUDENT ENGAGEMENT TEACHING. Tugas_ Akhir (Artikel) Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18 (3). pp. 2207-2218. ISSN 2621-0681 (e-ISSN) / 1907-4174 (p-ISSN)
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (27kB) |
|
Text
LOA.pdf Download (160kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (227kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan video sebagai sumber belajar akan memudahkan peserta didik saat berlangsungnya proses belajar mengajar, sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami dan mengerti materi yang disampaikan khususnya pada materi biologi. Dengan adanya video dalam pembelajaran dapat mewujudkan situasi pembelajaran lebih efektif,efesien,dan semakin membuat semangat peserta didik dalam belajar,juga membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Proses pembelajaran menjadi cepat dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan adanya tujuan dan peran yang sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis video yang diberikan sebelum pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dinarasikan secara deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,angket,dan observasi. Hasil penelitian ini dengan lima indikator maka diperoleh video menciptakan pengalaman sensorik yang lebih menarik sangat setuju,video menyediakan sumber daya pengetahuan sangat setuju,video meningkatkan retensi pengetahuan sangat setuju,video sangat membantu dalam pembelajaran sangat setuju,dan video meningkatkan literasi digital dan komunikasi sangat setuju. Kata kunci: Biologi, Literasi Digital, Retensi dan Video pembelajaran. =================================================================================================== Learning by using videos as a learning resource will make it easier for students during the teaching and learning process, so that students will more easily understand and comprehend the material presented, especially biology material. The presence of videos in learning can create a more effective, efficient learning situation, and make students more enthusiastic about learning, as well as helping teachers in carrying out their duties. The learning process becomes faster and the quality of learning can be improved by having appropriate goals and roles as expected. The aim of this research is to analyze the videos given before learning. The sample in this research was class X4 students. This research uses a quantitative approach which is narrated descriptively. The sampling technique is purposive sampling, data collection techniques are carried out by interviews, questionnaires and observation. The results of this research using five indicators show that videos create more interesting sensory experiences, strongly agree, videos provide knowledge resources, strongly agree, videos increase knowledge retention, strongly agree, videos are very helpful in learning, strongly agree, and videos increase digital literacy and communication, strongly agree. . Keywords: Biology, Digital Literacy, Retention and Learning videos.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biology, Digital Literacy, Retention and Learning videos. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:07 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:07 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/643 |
Actions (login required)
View Item |