PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN

Yuli Lestari, NPM 2005100035 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN. Tugas_ Akhir (Artikel) Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1). pp. 61-70. ISSN 2579-3977 (e-ISSN) / 2442-3041 (p-ISSN)

[img] Text
LAPORAN PUBLIKASI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah memiliki dampak pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pangkatan sehubungan dengan bentuk angka. Di SMPN 1 Pangkatan, yang berlokasi di Jl. Kampung Padang Desa Pendidikan, penelitian ini dilakukan. Studi ini menggunakan teknik sampel acak dasar untuk mengumpulkan data, dan ditemukan bahwa kelas VII-2 diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sementara kelas VII-3, yang terdiri dari 26 siswa, diajarkan dengan menggunakan model belajar langsung. Pemeriksaan berbasis esai dari kemampuan berpikir kritis siswa ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest dan posttest. Selain itu, normalitas, homogenitas, hipotesis dan analisis data deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Nilai rata-rata kelas eksperimen setelah tes adalah 86,27, sedangkan nilai tengah kelas kontrol adalah 76,15. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kedua kelas berbeda dengan 10,12. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dari pada siswa di kelas kontrol. Kata Kunci: problem based learning, keterampilan berpikir kritis matematis ================================================================================================== The objective of this study is to determine whether a problem-based learning approach has an impact on the critical thinking ability of students of grade VII in the 1st Grade State High School in relation to the form of numbers. At SMPN 1 Pangkatan, which is located in the village of Padang Village Education, this research was carried out. The study used basic random sampling techniques to gather data, and found that classes VII-2 were taught using a problem-based learning model, while classes VII-3, which consisted of 26 students, were teaching using a live learning model. The essay-based examination of this student’s critical thinking abilities uses the pre test dan post-test control group design. In addition, normality, homogeneity, hypothesis and descriptive data analysis are used in data analysis techniques. The average of the experimental class after the test was 86,27, while the middle of the control class was 76,15. This shows that the average score for both classes have higher critical thinking abilities than students in control classes. Keywords: problem-based learning, mathematical critical thinking skills

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Mathematical Critical Thinking Skills =============================== Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 07 May 2024 09:41
Last Modified: 07 May 2024 09:41
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item