ANALISIS PERKEMBANGAN KURIKULUM BIOLOGI DARI KURIKULUM 1984 SAMPAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA

Eva Ervia, NPM 2004300005 (2024) ANALISIS PERKEMBANGAN KURIKULUM BIOLOGI DARI KURIKULUM 1984 SAMPAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA. Tugas_Akhir (Artikel) Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13 (1). pp. 927-936. ISSN 2745-4312 (e-ISSN) / 2302-1330 (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (176kB)

Abstract

Perkembangan kurikulum di Indonesia dari masa ke masa mengalami perubahan begitu cepat. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana perkembangan kurikulum Biologi di Indonesia dari kurikulum 1984 sampai dengan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengantisipasi dan mereduksi segala dampak yang ada serta dapat memanfaatkan sumberdaya secara berkelanjutan diperlukan kemampuan untuk mengikuti dan terlibat dalam perkembangan keilmuan maupun aplikasi di bidang Biologi yang diharapkan dapat dilaksanakan dalam proses pendidikan saat ini maupun di masa mendatang. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research. Adapun hasil penelitian memaparkan bahwa sejarah kurikulum pendidikan di Indonesia mencakup periode mulai dari pra kemerdekaan hingga Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Dalam perkembangannya, kurikulum pendidikan, terutama mata pelajaran Biologi, mengalami perubahan signifikan dari Kurikulum 1984 hingga Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Perubahan ini mencakup peningkatan tuntutan pada guru, penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, kewenangan sekolah, hingga penekanan pada kemajuan teknologi dalam media pembelajaran pada Kurikulum 2013. Pada Kurikulum Merdeka Belajar 2020, konsep utamanya adalah merdeka dalam berpikir, dengan beban belajar yang lebih sedikit pada pembelajaran Biologi. Kata Kunci : Kurikulum Biologi, Pembelajaran Biologi, Perkembangan Kurikulum

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Biologi, Pembelajaran Biologi, Perkembangan Kurikulum
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 27 May 2024 08:27
Last Modified: 31 May 2024 07:51
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item