PENGEMBANGAN SISTEM REKOMENDASI PRODUK BERDASARKAN PADA PEMBELIAN DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA APRIORI

Annisa Rizky Simangunsong, NPM 2009400095 (2024) PENGEMBANGAN SISTEM REKOMENDASI PRODUK BERDASARKAN PADA PEMBELIAN DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA APRIORI. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Ilmu Komputer Sistem Informasi (JIKOMSI), 7 (1). pp. 82-86. ISSN 2723-6129 (e-ISSN)

[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (909kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem Rekomendasi Produk Berdasarkan Pola Pembelian dengan Pendekatan Algoritma Apriori. Pendekatan ini melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber, processing data, pemilihan variable yang relevan, pengembangan model pohon keputusan C4.5 dan evaluasi model. Model ini memungkinkan identifikasi factor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan peluncuran produk dan memberikan wawasan berharga bagi perusahaan. Dalam era perdagangan elektronik yang berkembang pesat, peningkatan volume data transaksi e-commerce memberikan tantangan tersendiri dalam menghasilkan rekomendasi produk yang relevan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan system rekomendasi produk yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menganalisis pola pembelian menggunakan pendekatan algoritma Apriori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengumpulan data transaksi pembelian produk daro platform e-commerce yang signifikan. Data tersebut kemudian diolah menggunakan algoritma Apriori untuk menemukan pola-pola pembelian yang signifikan dan mampu mempresentasikan preferensi konsumen. Hasil analisis tersebut digunakan untuk mengembangkan system rekomendasi produk yang dapat memberikan rekomendasi yang tepat dan personal kepada setiap pengguna. Penelitian ini tidak hanya focus pada aspek akurasi rekomendasi, tetapi juga mempertimbangkan factor keamanan dan privasi data konsumen. Keberhasilan system rekomendasi dievaluasi melalui uji coba dan perbandingan dengan metode rekomendasi tradisional. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi system rekomendasi produk berbasis pola pembelian dengan pendekatan algoritma Apriori. Kata Kunci : Sistem Rekomendasi, Produk, Pola Pembelian, Algoritma Apriori, E-Commerce.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Rekomendasi, Produk, Pola Pembelian, Algoritma Apriori, E-Commerce.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2024 09:17
Last Modified: 27 Jun 2024 09:17
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item