EKA APRILIANI, NPM 2001100044 (2024) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, KOMUNIKASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN LABUHANBATU. Tugas_Akhir (Artikel) YUME : Journal of Management, 7 (1). pp. 877-885. ISSN 2614-851X (e-ISSN)
Text
COVER.pdf Download (647kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (246kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi, komunikasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pegawai di Dinas Kepemudaaan dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang dari jumlah keseluruhan pegawai sebanyak 106 pegawai di Dinas Kepemudaan dan Olahraha Krbudayaan dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu dengan menggunakan rumus slovin dengan presentase kelonggaran ketelitian kesalahan sampel sebesar 0,05%. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban respenden atau kuisioner online yang disebarkan melalui google form dengan mengunakan skala likert. Hasil uji t menunjukkan bahwa Kompetensi (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai terlihat dari hasil thitung > ttabel (1.985 < 2.000) dengan nilai signifikansi 0,052 > 0,05. Dengan demikian variabel kompetensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel kinerja (Y). Variabel Motivasi (X2) sangat berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai terlihat dari hasil thitung > ttabel (3.214 >2.000) dengan nilai signifikansi 0,002 > 0,05. Dengan demikian variabel motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kinerja (Y). Variabel komunikasi (X3) sangat berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai terlihat dari hasil thitung > ttebel (2.984 > 2.000) dengan nilai signifikansi 0.004 < 0.050. Dengan demikian variabel komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kinerja (Y). Variabel kepuasan kerja (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai terlihat dari hasil thitung> tabel (0.062 < 2.000) dengan nilai signifikan 0.951 > 0.050. Dengan demikian variabel kepuasan kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja, Kinerja. ==================================================================================================== The aim of this research is to determine the influence of competence, motivation, communication and job satisfaction on employee performance at the Youth, Sports, Culture and Tourism Department of Labuhanbatu Regency. This research is a type of quantitative research. The population of this study were employees at the Department of Youth, Sports, Culture and Tourism, Labuhanbatu Regency, North Sumatra. With a sample size of 65 people from a total of 106 employees at the Youth, Sports, Culture and Tourism Department of Labuhanbatu Regency using the Slovin formula with a sample error accuracy percentage of 0.05%. The data obtained is primary data which is the result of respondents' answers or online questionnaires distributed via Google Form using a Likert scale. The results of the t test show that Competency (X1) has a significant effect on employee performance as seen from the results of tcount > ttable (1,985 < 2,000) with a significance value of 0.052 > 0.05. Thus, the competency variable has a positive and insignificant effect on the performance variable (Y). The Motivation variable (X2) has a very significant influence on employee performance as seen from the results of tcount > ttable (3,214 > 2,000) with a significance value of 0.002 > 0.05. Thus, the motivation variable has a significant positive effect on the performance variable (Y). The communication variable (X3) has a very significant influence on employee performance as seen from the results of tcount > tbel (2.984 > 2.000) with a significance value of 0.004 < 0.050. Thus, the communication variable has a significant positive effect on the performance variable (Y). The job satisfaction variable (X4) does not have a significant effect on employee performance as seen from the results of tcount> table (0.062 < 2.000) with a significant value of 0.951 > 0.050. Thus, the job satisfaction variable has a positive and insignificant effect on employee performance (Y). Keywords : Competence, Motivation, Communication, Work Satisfaction, Performance.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Motivasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja, Kinerja. ========================================= Competence, Motivation, Communication, Work Satisfaction, Performance. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:18 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/841 |
Actions (login required)
View Item |