PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DIKELAS XI SMA NEGERI I PANAI HULU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

NUR LAILA, NPM 2004300011 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DIKELAS XI SMA NEGERI I PANAI HULU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar, dan model pembelajaran, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Sistem Gerak Manusia Dikelas XI Sma Negeri I Panai Hulu Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu 1 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar, sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda. Soal telah diuji validitas, relibilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar biologi siswa 87.60 ± 3.30 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional 77.6 ± 2.96.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:04
Last Modified: 23 Sep 2024 03:04
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item