INAYAH ALPATIHAH, NPM 2106100018 (2025) PERAN GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARBAU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (742kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (856kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam pembentukan sikap tanggung jawab siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn berperan penting dalam membentuk sikap tanggung jawab siswa melalui berbagai strategi, seperti pemberian contoh teladan, pengintegrasian nilai-nilai moral dalam pembelajaran, serta pengelolaan lingkungan kelas yang kondusif. Selain itu, penerapan metode diskusi, studi kasus, dan proyek kelompok mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung keberhasilan meliputi dukungan dari lingkungan sekolah dan kerjasama dengan orang tua. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru PPKn dalam membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab sebagai bagian dari pendidikan karakter di sekolah. Kata Kunci : Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Siswa, Peran Guru ================================================================================================= This research aims to analyze the role of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) teachers in forming attitudes of responsibility for class VIII students at SMP Negeri 3 Marbau, North Labuhanbatu Regency. The research method used is a qualitative method with observation, interview and documentation techniques. The results of this research show that Civics teachers play an important role in forming students' responsible attitudes through various strategies, such as providing role models, integrating moral values in learning, and managing a conducive classroom environment. Apart from that, the application of discussion methods, case studies and group projects can increase students' understanding of the importance of responsibility in everyday life. Supporting factors for success include support from the school environment and collaboration with parents. This research emphasizes the important role of PPKn teachers in forming responsible student character as part of character education in schools. Keywords : Formation of Students' Responsible Attitudes, Teacher’s Role
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Siswa, Peran Guru ============= Formation of Students' Responsible Attitudes, Teacher’s Role |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:11 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:11 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |