PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI MTS SEI SENTANG KELAS VIII KUALU HILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025

EVI MARATUL FITRI, NPM 2104300023 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI MTS SEI SENTANG KELAS VIII KUALU HILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia di kelas VIII MTs Sei Sentang Kualu Hilir Tahun Pembelajaran 2024–2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA, khususnya materi sistem gerak pada manusia, yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan guru, serta rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Metode Mind Mapping dipilih karena diyakini dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui pendekatan visual yang kreatif dan interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas, dengan jumlah total 72 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling, di mana kelas VIII-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal yang diberikan dalam bentuk pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24.0. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai posttest siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, metode ini layak untuk dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran IPA guna meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada materi sistem gerak manusia. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Sistem Gerak Pada Manusia, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Sistem Gerak Pada Manusia, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 16 May 2025 08:24
Last Modified: 16 May 2025 08:24
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item