RAHMELIA, NPM 2106100020 (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PROFIL PANCASILA BERKHEBINEKAAN GLOBAL DALAM NILAI-NILAI TOLERANSI (STUDI KASUS SISWA KELAS Vlll DISMP NEGERI 1 BILAH BARAT ). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
![]() |
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB ll.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB lll.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB lV.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
Lampiran .pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Profil Pancasila Berkebhinekaan Global dalam Nilai-Nilai Toleransi pada siswa kelas Vlll di SMP N1 Bilah Barat, kecamatan Rantau utara, kabupaten Labuhanbatu.Penelitian ini dilaksanakan dibulan November 2025 sampai Januri 2025. Peneliti ini menggunaan metode kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Teknik penggunaan data siswa kelas Vlll sebagai responden yang berjumlah 15 siswa dan 1 guru mata pelajaran PPKn. Pengumpulan data pada peneliti ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitan bahwa implementasi profil pancasila berkebhinekaan global dalam nilai-nilai toleransi merupakan pembelajaran yang bertujuan dalam menanamkan nilai-nilai toleransi kepada seseorang dalam membentuk sikap untuk upaya pencegaham dalam nilai-nilai toleransi baik itu toleransi agama, suku, dan budaya. Selain itu, nilai nilai toleransi juga merupakan pondasi awal dalam membentuk sikap mengenal dan menghargai agama, suku, dan budaya. Toleransi dalam konteks ini merujuk pada perilaku taat aturan dimana seseorang dapat menghargai dan menghormati tindakan orang lain. Toleransi dapat didefinisikan secara budaya dan agama sebagai tindakan yang tidak memperbolehkan adanya perbedaan antar kelompok yang berbeda atau ditolak oleh penduduk. Toleransi dapat dikembangkan melalui penilaian, penerapan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sikap toleransi dapat dibentuk melalui kegiatan yang berulang-ulang secara terus menerus, sehingga siswa menjadi terbiasa melakukannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru yang membimbing siswa di sekolah dan orang tua yang mengontrol rumah dan lingkungan berperan penting dalam mengembangkan toleransi siswa. Kata kunci : Profil Pancasila Berkebhinekaan Global, Nilai Toleransi ================================================================================================== This study aims to determine the implemention Of the Global Diversity Pancasila Profile in Tolerance Values ( Case Study of Grade Vlll Students at SMP Negeri 1 Bilah Barat, Rantau Utara District, Labuhanbatu Regency. This study was conducted from january 2025 to february 2025. This researcher used a qualitive method with a descriptive approach. The technique of using student as respondents totaling 15 students and 1 PPKn subject teacher. Data collection in this study used observation, interviiews and documentation. The data analysis teachnique in this study was carried out by data reduction, data presentation, and drawing concllusions. Based on the results of the study, the implementation of the global diversity pancasila profile in tolerance values is a learning that aims to instill tolerance values is someone in forming attitudes for pevention efforts in tolerance values, both religius, pocket, and cultural tolerance. In addition, the values of tolerance are also the initial foundation in forming attitudes towerd recognizing and respecting religion, ethnicity and culture. Tolerance in this context refers to rule-abiding behavior where a person can appreciate and respect the actions of others. Tolerance can be defined culturally and religiously as an action that does not allow differences between groups or is rejected by the population. Tolerance can be developed through assessment, application of learning, and evalution of learning. An attitude of tolerance can be formed through repeated activities continuously, so that student become accustomed to doing it and applying it in their daily lives. Teachers who guide students at school and parents who control the come and environment play an important role in developing student tolerance. Keywords : Global Diversity Pancasila Profile, Tolerance Values
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Pancasila Berkebhinekaan Global, Nilai Toleransi =============================================== Global Diversity Pancasila Profile, Tolerance Values |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:52 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:53 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |