Dewi Anjani, NPM 1905100037 (2023) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER BERSAHABAT / KOMUNIKATIF. Tugas_ Akhir (Artikel) Jurnal Basicedu : Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (1). pp. 1065-1074. ISSN 2580-3735 (Media Cetak) / 2580-1147 (Media Online)
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN DAN LAMPIRAN LAINNYA.pdf Download (9MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN DEWI ANJANI.pdf Download (449kB) |
|
Text
ARTIKEL DEWI ANJANI.pdf Download (438kB) |
Abstract
Peer tutoring is a learning method based on active learning that provides opportunities and encouragement for students to learn something well, by becoming a resource for others. The purpose of this study is to find out the increase in peer tutor cooperative learning in improving the friendly/communicative character of class X SMA Negeri 1 Rantau Utara. This research is a quasi-experimental study with a non-equivalent control group design and the data analysis technique used is inferential statistics. The population of this study were all students of class X, totaling 317 students consisting of 9 classes and the samples used were class Xa as the control class of 35 students and class Xb as the experimental class of 36 students. The research was conducted at SMA Negeri 1 Rantau Utara for the 2023/2024 academic year. The results showed that the class using the peer tutor cooperative learning model was better than the class using the conventional learning model. So that there is an increase in friendly/communicative character in the use of peer tutor type cooperative learning methods. The implications of this research for teachers as a reference in improving student character. Keywords: Cooperative, Peer Tutor, Friendly/Communicative Character. ==================================================== Tutor Sebaya merupakan metode pembelajaran berbasis pembelajaran aktif yang memberi kesempatan dan dorongan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu dengan baik, dengan menjadi sumber bagi orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dalam meningkatkan karakter bersahabat/komunikatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non-equivalent control group design dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 317 siswa yang terdiri dari 9 kelas serta sampel yang digunakan yaitu kelas Xa sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa dan kelas Xb sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya lebih baik dari pada kelas yang mengunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga terdapat peningkatan karakter bersahabat/komunikatif dalam penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya. Implikasi dari penelitian ini untuk guru sebagai acuan dalam meningkatkan karakter siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Tutor Sebaya, Karakter Bersahabat/Komunikatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative, Peer Tutor, Friendly/Communicative Character. ===================== Kooperatif, Tutor Sebaya, Karakter Bersahabat/Komunikatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:07 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:07 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/161 |
Actions (login required)
View Item |