Sofyana Nasution, NPM 1904300085 (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANAI HILIR KABUPATEN LABUHANBATU. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (463kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (273kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
The aim of this study was to analyze the influence of class X students' interest in studying biology at SMA Negeri 1 Panai Hilir. This research is quantitative research, namely research used to determine the relationship between variables. The variable in this study is interest (X) independent variable (X), and learning outcomes as dependent variable (Y). Data collection techniques in this study used two methods, namely a questionnaire (questionnaire) and a learning achievement test given to class X students of SMA Negeri 1 Panai Hilir. The results showed that there was a positive and significant influence between learning interest (X) on learning outcomes (Y) in class X biology at SMA Negeri 1 Panai Hilir. This result is proven by the results of the tests that have been carried out, namely by obtaining a coefficient value of 0.479, in the sense that student learning interest affects class X student learning outcomes at Panai Hilir 1 Public High School of 47.9 in the moderate/sufficient category, while the remaining 52.1% influenced by other variables not tested in this study. This result is also evidenced by the results of the t test obtained by tcount > ttable that is equal to 8.026 > 1.666 with a sig. 0.000 < 0.05. These results can be concluded that the hypothesis in this study is proven or accepted. That is, if a student's learning interest is high, students will also get high learning outcomes, and vice versa if a student's learning interest is low, it will reduce biology learning outcomes in students at SMA Negeri 1 Panai Hilir. Keywords:Interest in Learning, Learning Outcomes, Students, and Biology ================================================== Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar siswa kelas X pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Panai Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah minat (X) sebagai independent variable (X), dan hasil belajar sebagai dependent variable (Y). teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara yaitu kuesioner (angket) dan tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panai Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Panai Hilir. Hasil ini dibuktikan dengan hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu dengan diperoleh nilai koefesien sebesar 0,479, dalam arti minat belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Panai Hilir sebesar 47,9 dengan kategori sedang/cukup, sedangkan sisanya 52,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Hasil ini juga dibuktikan dengan hasil uji t yang diperoleh thitung > ttabel yaitu sebesar 8,026 > 1,666 dengan diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti atau diterima. Artinya, jika minat belajar seorang siswa tinggi maka siswa juga akan memperoleh hasil belajar yang tinggi, dan sebaliknya jika minat belajar seorang siswa rendah maka akan menurunkan hasil belajar biologi pada siswa di SMA Negeri 1 Panai Hilir. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Siswa, dan Biologi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Interest In Learning, Learning Outcomes, Students, And Biology ============================ Minat Belajar, Hasil Belajar, Siswa, Dan Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:55 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
View Item |