PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI MAS AL AZHAR BAGAN BILAH

Ayu, NPM 1904300036 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI MAS AL AZHAR BAGAN BILAH. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT), dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pernapasan; (2). Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu 1 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran tipe kooperatif Team Games Tournament (TGT), sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda; Soal telah diuji validitas, relibilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar biologi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI Mas Al-Azhar Bagan Bilah. Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) 87.60 ± 3.30 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional 70.6 ± 2.96. kemudian ada juga pengaruh yang signifikan dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, , Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas Xi Mas Al-Azhar Bagan Bilah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Biologi, , Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas Xi Mas Al-Azhar Bagan Bilah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:23
Last Modified: 20 Nov 2023 04:23
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item