PERAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP KEMEROSOTAN MORAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKATAN

Fitri Rahma Dani, NPM 1906100020 (2023) PERAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP KEMEROSOTAN MORAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKATAN. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan karakter religius terhadap kemerosotan moral siswa serta untuk mengetahui upaya yang dilakuakn guru dalam menghadapi kemerosotan moral siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkatan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan proses pengambilan data menggnakan tekhnik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian kepala sekolah dan guru pkn SMP Negeri 1 Pangkatan. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan/verifikasi data yang sudah terkumpul. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa Peran pendidikan karakter religius terhadap kemerosotan moral siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkatan dapat dikatakan Karakter religius masih harus dibimbing dan diberikan masukan maupun arahan kepada siswa, sehingga siswa bisa lebih baik lagi. Seperti berteman dengan semua teman tanpa membedakan agamanya, saling menghargai dan menghormati perayaan hari besar keagamaan umat lain, dan tidak menghina serta menjelek-jelekan agama lain. Cara Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi terjadinya kemerosotan moral siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkatan adalah sebagai berikut: a) Upaya guru sebagai pendidik yaitu selalu memberikan motifasi belajar terhadap peserta didik, b) Memberikan nasihat kepada peserta didik dan mendoakan agar siswa diberikan kesadaran, sehingga tidak melakukan pelanggaran ataupun penyimpangan disekolah maupun diluar sekolah, c) Melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, karena kejasama dengan orang tua sangat baik hasilnya, d) Memberikan sanksi atau hukuman terhadap siswa yang melakukan pelanggaran disekolah maupuan diluar lingkungan sekolah pada jam pelajaran sekolah dimulai, e) Menuntun untuk harus lebih berani bertanya dan menjawab agar dapat membentuk sikap kepercayaan diri siswa, f) Membangun moral siswa dengan cara memberikan pengetahuan tentang pendidikan karakter religius tersebut dengan dasar-dasar keimanan untuk saling mengingatkan teman-temannya untuk tidak melakukan kemerosotan moral. Kata kunci : peran pendidikan karakter religius, kemerosotan moral

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidikan Karakter Religius, Kemerosotan Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:13
Last Modified: 25 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item