PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARBAU)

Junita, NPM 1906100045 (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARBAU). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (635kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana penggunaan Media pembelajaran PKn dengan materi Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Merbau. (2) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Pkn dengan materi Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Merbau. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Pada semester genap tahun 2022/2023 bulan Juli tahun 2023 sampai dengan selesai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan. Hasil penelitian yaitu: (1) Penerapan Media Pembelajaran pada Materi Perumusan dan Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Merbau) sangat tepat dan cocok untuk diterapkan serta terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran dari sebelumnya yang hanya menggunakan media belajar yang konvensional sehingga siswa cenderung monoton dan kaku, serta siswa kurang bergairah dan kurang perhatian dalam mengikuti proses pembelajaran. Sebab media pembelajaran gambar dapat menarik minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penggunaan media pembelajaran gambar tersebut tentunya dalam proses pembelajaran PKn akan membantu siswa dalam memahami materi PKn dan memudahkan guru menjelaskan materi pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil penelitian, pengamatan dan wawancara menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi dasar Penentu efektifitas menggunakan media dalam pembelajaran PKn. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut: (a) Kesesuaian antara media bagan dan gambar dengan pokok bahasan. (b) Disesuaikan dengan alokasi waktu. (c) Disesuaikan dengan kemampuan guru dalam menggunakan media. (d) Disesuaikan dengan sarana pembelajaran yang ada. (e) Kesesuaian antara gambar dengan pokok bahasan dalam pengunaan media. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Gambar,Minat belajar, Materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Gambar,Minat belajar, Materi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:09
Last Modified: 02 Apr 2024 07:09
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item