PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR TERHADAP PENGUATAN SIKAP NASIONALISME (STUDI KASUS KELAS VII SMP SWASTA PEMDA RANTAUPRAPAT)

Rahmadani lndah Nasution, NPM 2006100002 (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR TERHADAP PENGUATAN SIKAP NASIONALISME (STUDI KASUS KELAS VII SMP SWASTA PEMDA RANTAUPRAPAT). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfujuan untuk mengetahui Penerapan Pendidik untuk meningkatkan Pendidikan karakter cinta tanah air terhadap penguatan sikap nasionalisme (Studi kasus kelas VII SMP Swasta Pemda Rantauprapat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Swasta Pemda Rantauprapat, Jalan Menara No. 12, Kecamatan. Rantau Utara Kabupaten Lahuhanbatu, Sumatera Utara. Dan penelitian ini dilaksanakan dari februari 2024, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan responden peserta didik berjumlah 20 orang dan narasumbemya adalah guru mata Pelajaran PPKn kelas VII dan wali kelas VII Smp Swasta Pemda Rantauprapat. Dan yang kedua yaitu data sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsewasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pendidik di Smp Swasta Pemda Rantauprapat memberikan perhatian yang baik terhadap penerapan Pendidikan karakter cinta tanah air terhadap penguatan sikap nasionalisme pada siswa. Peneliti menggunakan tiga indikator yaitu pada indikator pertama menunjukkan rasa kesetiaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara, dikatakan pada indikator ini Pendidik berhasil menerapkan nya hal ini dapat dibuktikan dari hasil wawancara peneliti kepada peserta didik. Pendidik secara aktif dan rutin dalam melaksanakan kegiatan hari-hari besar nasional seperti hari kemerdekaan, hari guru, hari Pendidikan nasional serta hari besar lainnya dan melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler rcng bertujuan .untuk mengajak peserta didik lebih aktif lagi sehingga sikap nasionalisme pada peserta didik semakin besar. Indikator kedua yaitu memakai produk-produk lokal, untuk indikator kedua ini Penerapan pendidik untuk meningkatkan Pendidikan karakter ctnta tanah air dapat dikatakan kurang berhasil. Hal tersebut peneliti dapatkan pada saat wawancara kepada peserta didik. ditemukan lebih dominan siswa yang tidak mengetahui tentang produk-produk lokal, namun hal tersebut sudah ditangani pihak sekolah dan tentunya dalam proses pembelajaran kepada peserta didik untuk lebih mengetahui tentang produk lokal. Terakhir, indikator yang peneliti gunakan yaitu memahami makna dalam isi lagu kebangsaan. Pada indikator ini dapat dikatakan penerapan pendidik berhasil. Hal tersebut peneliti dapatkan pada saat wawancaf,a kepada peserta didik terdapat peserta didik yang dominan memahami makna dan isi lagu kebangsaan. Karena kegiatan'ini paling sering diterapkan pendidik agar peserta didik terbiasa. Pendidik melakukan kegiatan menyanyi lagu nasional setiap pagi panaa Saat sebelum proses belajar mengajar dilakukan dan menyanyikan lagu kebangsaflr,,juga dilakukan setiap hari senin pada saat upacara bendera. Kata Kunci : Pendidikan karakter, Cinta Tanah Air, Nasionalisme, Kelas VII ================================================================================================= This penalty is used to increase the number of scholarship recipients in the air quahty above nationalism scholarship character band (Case study of class VII Rantauprapat SMP Pemda). This research refers to qualitative research methods with a qualitative descriptive geffe. This punishment was taken at Rantauprapat Regional Government Private Middle School, Jalan Menara No. 12, District. Rantau Utara, Labuhanbatu Regency, North Sumatra. And this research begins in February 2024. The summer data included in this research is primary data with a total of around 20 respondents and more than 100 people are class VII Civics subject teachers and class VII homeroom teachers at the Rantauprapat Regional Government Private Middle School. And the double is secondary data. The instruments included in this research penetration are observation, documentation and observation. Data analysis means reductive data, analytrcal and simple data. Achievement penalties are mentioned in universities at Rantauprapat Regional Government Private Middle Schools for members of bicycle qualifications on the character education ribbon for education to strengthen nationalist attitudes in students. The penalties mentioned in this indicator in addition to the first indicator list the best breeds which are usually red and black, then in this indicator Educators successfully apply this can be distinguished from the range of interview penalties after the price. Educators are active and regular in the movement of National Holidays as well as Independence Day, Teacher's Day, National Education Day are a series of great holidays and extraordinary talents that are very important for many people to remain active in pursuing strong nationalism at the same level. With so many indicators of local products, the indicators used by educators to measure the character of the Homeland Tape application cannot be missed. Half of the third penalty can be earned after four hours. see more dominant positions that do not include many local products, but sometimes in schools and participate in the preparation process to increase the number of local products. Furthermore, the penalty indicator uses this important Future in the hottest songs. Each of these indicators must be taken into consideration by successful educators. In the third round, the penalty shootout was achieved all at once after a small goal followed by a small goal that dominated with a sense of humor and a cool song. Because this activity most often heals educators so that students get used to it. Educators carry out the activity of singing the national song every page back before the teaching and learning process is carried out and singing the national song is also carried out every Monday at the flag ceremony. Keywords : Character education, Love for the Motherland, Nationalism, Class VII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Cinta Tanah Air, Nasionalisme, Kelas VII ==================== Character education, Love for the Motherland, Nationalism, Class VII
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 21 May 2024 07:01
Last Modified: 21 May 2024 07:01
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item