Irna Mawaddah Ritonga, NPM 2006100032 (2024) IMPLEMENTASI TATA TERTIB DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH KEJURUAN AN-NASIR KECAMATAN DOLOK SIGOMPULON KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (567kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (240kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi tata tertib dalam membentuk nilai karakter disiplin pada pembelajaran PPKn siswa kelas X Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir Kecamatan Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara; (2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan implementasi tata tertib dalam mebentuk nilai karakter siswa disiplin siswa kelas X Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir Kecamatan Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, peneliti dapat mendeskripsikan beberapa fakta di lapangan untuk menggambarkan hasil penelitian, berupa temuan umum dan temuan khusus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi Tata Tertib dalam membentuk nilai karakter disiplin pada pembelajaran PPKn siswa kelas X memiliki nilai dan karakter yang tertanam pada diri peserta didik yang dapat diimplementasikan pada kehidupan kesehariannya. Maka dari itu pendidikan karakter sangatlah penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang penting diciptakan dalam pembelajaran, terutama pendidikan karakter disiplin, karena dengan karakter disiplin peserta didik akan dapat dengan mudah mengendalikan diri serta menumbuhkan karakter baik lainnya. Pembentukan karakter disiplin ini tentunya melibatkan komponen pendidikan, salah satunya yaitu tenaga pendidik atau guru. Dimana guru sebagai orang tua peserta didik dalam lingkungan sekolah maka guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, terutama guru PPKn, karena muatan dalam pembelajaran PPKn merupakan muatan pembelajaran untuk membentuk warga Negara yang baik atau good citizenship; (2) kendala dalam pelaksanan implementasi tata tertib dalam membentuk nilai karakter siswa disiplin siswa kelas X di Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir dari hasil penelitian diketahui bahwa kendala tersebut berkaitan dengan minat dan kesadaran diri peserta didik mengenai karakter disiplin, dan lingkungan pertemanan. Kata Kunci : Tata Tertib, Nilai Karakter, Disiplin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata Tertib, Nilai Karakter, Disiplin |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 21 May 2024 09:26 |
Last Modified: | 21 May 2024 09:26 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/680 |
Actions (login required)
View Item |