Marlina Nasution, NPM 2006100003 (2024) ANALISIS PERAN MORAL KNOWING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH TAHUN 2023). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (99kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran moral knowing dalam mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Panai Tengah dan upaya guru PPKn dalam meningkatkan moral knowing siswa dalam mengurangi tindakan bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peran Moral Knowing Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panai Tengah dapat dikatakan berhasil. Hal ini dilihat dari moral knowing yang memiliki peran signifikan dalam mengurangi perilaku bullying di kalangan siswa. Siswa dengan pemahaman moral yang baik lebih sadar akan dampak negatif bullying dan berusaha untuk tidak terlibat. Kesadaran moral, pengetahuan nilai moral, pemahaman sudut pandang lain, penalaran moral, keberanian mengambil keputusan, dan pengenalan diri terbukti berkontribusi dalam mencegah perilaku bullying. Guru PPKn di SMA Negeri 1 Panai Tengah telah melakukan upaya meningkatkan moral knowing siswa dalam mengurangi bullying. Upaya ini meliputi integrasi nilai-nilai moral dalam materi PPKn, mendorong siswa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan positif serta menjadi teladan yang baik bagi siswa. Kata Kunci : Moral Knowing, Perilaku Bullying, Siswa SMA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral Knowing, Perilaku Bullying, Siswa SMA |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:44 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:44 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/957 |
Actions (login required)
View Item |