HILLERIA SITANGGANG, NPM 2206105001 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LIFE SKILLS PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII SMP SWASTA BUDI UTOMO CIKAMPAK KECAMATAN TORGAMBA LABUHANBATU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (312kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (147kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Penerapan pembelajaran berbasis Life skill (Kecakapan Personalia, Sosial, Akademik, dan Vokasional) pada matapelajaran PPKn siswa kelas VII SMP Swasta Budi Utomo Cikampak Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Budi Utomo Cikampak Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan. Hasil penelitian yaitu: (1) Kecakapan Personalia: Penerapan pembelajaran berbasis life skill dalam kecakapan personalia di SMP Swasta Budi Utomo meliputi kegiatan seperti pidato, membaca puisi, menyanyikan lagu kebangsaan, dan pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Hasil yang dicapai adalah: Siswa menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berbicara di depan umum, ekspresi diri, dan etika sosial. Pembiasaan 5S membantu siswa membentuk sikap positif dan interaksi yang baik dengan orang lain; (2) Kecakapan Sosial: Kegiatan pembelajaran berbasis life skill dalam kecakapan sosial meliputi bakti sosial, peduli lingkungan, menjenguk teman yang sakit, dan tolong menolong. Hasil yang dicapai adalah: Siswa menunjukkan kemajuan dalam kemampuan berempati, bekerja sama, dan berkontribusi terhadap masyarakat. Kegiatan tersebut meningkatkan kesadaran sosial dan rasa tanggung jawab siswa terhadap lingkungan dan komunitas mereka; (3) Kecakapan Akademik: Pembelajaran berbasis life skill dalam kecakapan akademik termasuk pembentukan kelompok diskusi, pembelajaran sesuai kurikulum, dan partisipasi dalam kompetisi dan lomba. Hasil yang dicapai adalah: Siswa lebih aktif dalam proses belajar, menunjukkan kemampuan riset dan presentasi yang lebih baik, serta lebih siap menghadapi ujian. Partisipasi dalam kompetisi meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan berbicara di depan umum; (4) Kecakapan Vokasi: Keterampilan vokasi yang diterapkan meliputi keterampilan komputer, menari, dan baris berbaris. Hasil yang dicapai adalah: Siswa memperoleh keterampilan praktis yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Keterampilan komputer membantu dalam tugas akademik, menari meningkatkan koordinasi dan ekspresi diri, sementara baris berbaris mengajarkan disiplin dan kerja sama tim. Kata Kunci : Pembelajaran, Life Skill
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Life Skill |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:53 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:53 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1140 |
Actions (login required)
View Item |