PENGARUH MEDIA SOSIAL, LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MA ALLIFUL IKHWAN SAA SILANGKITANG

LAMBOK MARLIDUNG POHAN, NPM 2311100014 (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL, LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MA ALLIFUL IKHWAN SAA SILANGKITANG. Masters thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Ma Alliful Ikhwan Saa Silangkitang. Media sosial sebagai alat komunikasi dan informasi dapat mempengaruhi cara siswa belajar dan berinteraksi. Lingkungan keluarga yang mendukung juga berperan penting dalam membentuk motivasi belajar siswa. Selain itu, fasilitas belajar yang memadai dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara keempat variabel tersebut terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Kata Kunci: Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi belajar ================================================================================================ This study aims to analyze the influence of social media, family environment, learning motivation, and learning facilities on student achievement at Ma Alliful Ikhwan Saa Silangkitang. Social media, as a communication and information tool, can influence how students learn and interact. A supportive family environment also plays a crucial role in shaping student learning motivation. Furthermore, adequate learning facilities can improve the quality of learning. Using quantitative methods, data were collected through questionnaires distributed to students. The results indicate a significant influence between these four variables on student achievement. This research is expected to provide insights for educators and parents in creating a better learning environment. Keywords: Social Media, Family Environment, Learning Motivation, Learning Facilities, Learning Achievement

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi belajar================Social Media, Family Environment, Learning Motivation, Learning Facilities, Learning Achievement
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:02
Last Modified: 31 Jul 2025 09:02
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item