Dwi Wahyuni, NPM 1901200258 (2023) STRATEGI PEMASARAN UMKM TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS UMKM DI KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN). Tugas_ Akhir (Artikel) JIMB : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23 (2). pp. 1-12.
Text
COVER_PENGESAHAN_PERNYATAAN_LOA.pdf Download (716kB) |
|
Text
ARTIKEL DWI WAHYUNI.pdf Download (798kB) |
Abstract
Permasalahan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pasca covid-19 antara lain meningkatnya harga bahan baku, keterbatasan sumber daya manusia, permodalan minim, sarana dan prasarana dan kurangnya akses pemasaran produk. Dari sekian permasalahan yang menarik penulis dalam artikel ini akses pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah perlu mendapat perhatian lebih dari para pelaku usaha atau para akademisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan serta dampaknya pada keunggulan bersaing dan keputusan pembelian. Penelitian termasuk dalam model penelitian deskriptif kuantitatif dan penulis menetapkan sampel menjadi 100 responden adalah pelaku-pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang berada tersebar di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan September – Desember 2022. Teknik penarikan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling. Seluruh indikator pada penelitian ini akan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan alat Structural Equation Modelling (SEM) dari paket IBM SPSS AMOS dalam pengujian hipotesis. Berdasarkan analisis dan pembahasan serta pengujian hipotesis penelitian menemukan dari profil ditemukan sebanyak 33 responden telah menggunakan pemasaran secara digital diantaranya melalui media sosial seperti fb, ig, tiktok, wa dan lainnya. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa variabel strategi pemasaran paling dominan berdampak langsung pada keunggulan bersaing dan uji hipotesis variabel keunggulan bersaing berdampak langsung pada keputusan pembelian. Sedangkan variabel strategi pemasaran tidak berdampak langsung pada keputusan pembelian. Kata kunci: Strategi pemasaran, Keunggulan Bersaing, Keputusan Pembelian, UMKM.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, Keunggulan Bersaing, Keputusan Pembelian, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 10:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 10:03 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
View Item |