ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS KELAS XI SMA NEGERI 1 NA IX-X KABUPATEN LABUHANBATU UTARA)

Syah Fitri, NPM 2006100027 (2024) ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS KELAS XI SMA NEGERI 1 NA IX-X KABUPATEN LABUHANBATU UTARA). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER dan PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku bullying pada peserta didik kelas XI SMA negeri 1 NAA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan pendekatan deskriptif dengan mendeskripsikan atau menjelaskan secara terperinci dengan menggunakan kata-kata tentang kondisi atau situasi yang sebenarnya. Dalam hal ini peneliti turun langsung untuk mencari data dan informasi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengatasi situasi dan permasalahan mengenai Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 NA IX-X yang beralamat di Jl. SMA Aek Kotabatu, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Indonesia dengan kode pos 21454. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua bulan, yakni dari Desember tahun 2023 sampai dengan Januari tahun 2024. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data yang digunakan dibagi menjadi dua, yaitu sumber data primer terdiri dari 53 responden dengan menggunakan rumus skala lekert P = F/N x 100% . Dan sumber data sekunder terdiri dari 4 narasumber yakni , guru BK, guru bidang kesiswaan, wali kelas IPS-1 dan wali kelas IPS-2. Analisis data dalam penelitian kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Aktivitas dalam analisis yaitu triangulasi metode. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa usaha dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik adalah kepala sekolah, guru, dan orang-orang yang terkait sebagai warga sekolah untuk mengurangi dan memanimalisir perilaku bullying pada peserta didik baik disekolah maupun diluar sekolah. Berdasarkan hasil analisis angket dan pembahasan Analisis perilaku bullying pada peserta didik yaitu 74% dengan kategori kuat. Kata Kunci : Perilaku, Bullying, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Bullying, Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 20 May 2024 06:40
Last Modified: 20 May 2024 06:40
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item