PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TENTANG JAMUR DI SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT

TIRTA MULIA JAYANTI, NPM 2004100005 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TENTANG JAMUR DI SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengunaan media visual pada materin jamur, 2. Hasil belajar siswa pada materi jamur, 3. Pengaruh yang signifikan antara pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya, adalah eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kampung Rakyat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2. Sebagai kelas eksperimen X-1 ( dengan menggunakan media visual ) dan kelas X 2 sebagai kelas control ( tidak mengunakan media ). Instumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas control yang diajarkan tanpa menggunakan media visual memiliki nilai rata- rata tes akhir sebesar : 69.44 dan kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media visual memiliki nilai rata-rata tes akhir sebesar : 76.44. Artinya, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media visual lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media visual. Terdapat pengaruh yang fositif terhadap hasil belajar biologi jamur siswa yang diajar kan dengan menggunakan media visual di kelas X-2 SMA Negeri 1 kampung rakyat. Hal ini dibuktikan uji “t” pada kedua kelas dengan data nilai tes akhir yang menunjukkan bahwa t hitung = 4.925 dan t tabel = 1,666 karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha di terima. Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Visual, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:39
Last Modified: 15 Aug 2024 03:39
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item