ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH

MAHYUNI RAMBE, NPM 2004300007 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui jenis dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar biologi pada materi invertebrata di Kelas X SMA Negeri I Panai Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2024, Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi sebanyak 103 orang dengan sampel sebanyak 90 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus dan metode analisis deskriptif. Data di peroleh menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk memperoleh persentase kesulitan belajar siswa dan persentase alasan yang menjadi faktor kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh jenis kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata adalah Siswa mampu Menjelaskan Peran Hewan Invertebrata Dalam Ekosistem sekitar 83.13%, maka sekitar 16,87% siswa tidak mampu Menjelaskan Peran Hewan Invertebrata Dalam Ekosistem, Siswa yang mampu menjelaskan struktur dan fungsi tubuh hewan invertebrata sekitar 81.81%, maka sekitar 18.19 % siswa mengalami kesulitan untuk menjelaskan struktur dan fungsi tubuh hewan invertebrata, Siswa yang mampu memahami Ciri-Ciri Hewan Invertebrata sebesar 75.55%, maka sekitar maka sekitar 24.45% siswa tidak mampu memahami ciri-ciri hewan invertebrata, Siswa mampu mendeskripsikan reproduksi hewan invertebrata sekitar 66.83%, maka sekitar 33.17% siswa tidak mampu mendeskripsikan reproduksi hewan invertebrata. Faktor yang di mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu kesulitan memahami materi (36%), kurangnya buku dari sumber lain (21%), Penjelasan guru kurang dipahami (14%) diikuti dengan kurangnya media pembelajaran (14%), materi terkesan abstrak, dan terlalu banyak bahasa latin (5%). Kata Kunci : Analisis Kesulitan Belajar, Faktor Penyebab Kesulitan Belajar, Hewan Invertebrata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Belajar, Faktor Penyebab Kesulitan Belajar, Hewan Invertebrata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:17
Last Modified: 18 Sep 2024 02:17
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item