PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANAI HILIR MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MUHAMMAD RISKY, NPM 2004300010 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANAI HILIR MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia tahun pelajaran 2023/2024. Dengan menggunakan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw. Dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang di tentukan secara acak atau tidak pandang bulu pada setiap individu yaitub1 kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw, sedangkan 1 kelas dibelajarkan menggunakan model pembelajaraan konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (postets). Dari penelitian yang dilakukan, hasil belajar siswa pada kelas kontrol mengalami perubahan nilai rata-rata yang cukup, dimana pada tes awal nilai rata-rata 34,5 dan pada tes akhir nilai rata-ratanya yaitu 75. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggalami peningkatan yang sangat signifikan dimana pada tes awal nilai rata-ratanya yaitu 46,5 dan pada tes akhir nilai rata-rata nya menjadi 86, dan hanya menyisakan 1 siswa saja yang belum tuntas dengan mendapatkan nilai 45. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia. Kata Kunci : Model, Media Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, Media Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:26
Last Modified: 18 Sep 2024 02:26
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item