PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI SMP SWASTA BUDI UTOMO CIKAMPAK KECAMATAN TORGAMBA LABUHANBATU SELATAN

JENIVER CRISTIN BR SINAGA, NPM 1906100054 (2024) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI SMP SWASTA BUDI UTOMO CIKAMPAK KECAMATAN TORGAMBA LABUHANBATU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (210kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII di SMP Swasta Budi Utomo Cikampak; (2) Pengaruh signifikan partisifasi aktif siwa terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII di SMP Swasta Budi Utomo Cikampak; (3) Pengaruh signifikan kecerdasan intrapersonal dan partisifasi aktif siwa terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII di SMP Swasta Budi Utomo Cikampak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 0,05, kemudian pengolahan data yang telah diperoleh dengan bantuan program data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22.0. Hasil penelitian yaitu: (1) Kecerdasan intrapersonal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII di SMP Swasta Budi Utomo Cikampak. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Cikampak. Hal ini terlihat dari analisis regresi linear berganda melalui uji t yang bertanda positif sebesar 6,811 dengan nilai ttabel sebesar 2,009, maka diketahui bahwa nilai thitung > ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 (sig. < 0,05) maka tolak Ho dan terima Ha; (2) Partisipasi aktif siswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Cikampak. Hal ini terlihat dari analisis regresi linear berganda melalui uji t yang bertanda positif. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung yang dimiliki untuk variabel Partisipasi aktif siswa (X2) sebesar 2,211 dengan nilai ttabel sebesar 1,998 maka diketahui bahwa nilai thitung > t tabel Hal ini dikarenakan 2,211 lebih besar dari 1,998. Nilai signifikan t dari variabel Partisipasi aktif siswa (X2), juga lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 maka tolak Ho dan terima Ha; (3) Kecerdasan intrapersonal dan Partisipasi aktif siswa Berpengaruh Terhadap Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Cikampak. Hal ini terlihat dari analisis regresi linear berganda melalui uji F yang bertanda positif dengan nilai Fhitung 138,607. Nilai Fhitung ini akan dibandingkan dengan nilai Ftabel, jika Fhitung > dari Ftabel maka terima Ha dan tolak Ho. Fhitung sebesar 138,607 sedangkan Ftabel yang dimiliki hanya sebesar 3,187 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Kata Kunci : Kecerdasan Intrapersonal, Partisipasi Aktif Siswa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Partisipasi Aktif Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:17
Last Modified: 23 Sep 2024 04:17
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item