TINJAUAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATERI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN

DAMA YANTI DAULAY, NPM 2106100002 (2025) TINJAUAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATERI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (903kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada materi kedudukan dan fungsi Pancasila kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan proses pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah tiga orang guru PPKn sebagai informan kunci dan dua puluh orang peserta didik sebagai narasumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan/verifikasi data yang sudah terkumpul serta menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi. Data diolah dengan melakukan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan peneliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada materi kedudukan dan fungsi Pancasila kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan dapat dikatakan baik. Guru PPKn sangat mengajarkan tentang kedudukan dan fungsi Pancasila sehingga mereka mengetahui bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara Indonesia dan pandangan hidup bangsa melainkan juga sebagai pedoman untuk bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari maupun itu dalam keluarga, lingkungan sekitar dan juga masyarakat luas. Pelaksanaan kurikulum merdeka memberikan keuntungan karena dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada peserta didik. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Kedudukan Dan Fungsi Pancasila ===================================================================================================== This study aims to determine the implementation of the independent learning curriculum on the material on the position and function of Pancasila for class VIII at SMP Negeri 1 Rantau Selatan. The approach used in this study is qualitative research with a descriptive method, while the data collection process uses observation, interview, and documentation techniques. The data sources for this study were three PPKn teachers as key informants and twenty students as sources. Data analysis was carried out by reducing data, presenting data and providing conclusions/verifying the data that had been collected and using data collection techniques carried out by triangulation. The data was processed by taking a qualitative approach to answer the researcher's questions. Based on the research conducted, the implementation of the independent learning curriculum on the material on the position and function of Pancasila for class VIII at SMP Negeri 1 Rantau Selatan can be said to be good. PPKn teachers really teach about the position and function of Pancasila so that they know that Pancasila is not only the basis of the Indonesian state and the nation's outlook on life but also as a guideline for behaving in everyday life as well as in the family, the surrounding environment and also the wider community. The implementation of the independent curriculum provides benefits because it can improve students' understanding of the position and function of Pancasila as the basis of the state and the nation's outlook on life and can foster a sense of nationalism and love for the homeland in students. Keywords : Independent Curriculum, Position and Function of Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Kedudukan Dan Fungsi Pancasila ======================================================= Independent Curriculum, Position and Function of Pancasila
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 20 May 2025 07:44
Last Modified: 20 May 2025 07:44
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item