ANALISIS PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMAHAMAN WAWASAN KEBANGSAAN SISWA KELAS XI (STUDI KASUS KELAS XI SMA NEGERI I NA IX-X)

PUTRI NADIA, NPM 2106100032 (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMAHAMAN WAWASAN KEBANGSAAN SISWA KELAS XI (STUDI KASUS KELAS XI SMA NEGERI I NA IX-X). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap pemahaman wawasan kebangsaan siswa kelas XI di SMA Negeri I NA IX-X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan gambaran data berupa kata-kata lisan maupun tertulis dari para responden yang diwawancarai. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa kelas XI SMA Negeri NA IX-X dapat dipastikan pemahaman wawasan kebangsaan siswa XI sudah cukup baik, dan dengan pembelajaran PPKn yang menyenangkan siswa jadi lebih memahami pembelajaran, siswa kelas XI SMA Negeri NA IX-X juga sudah memiliki paham kebangsaan yang baik, dan kemampuan siswa dalam menerima atau merespon materi yang disampaikan juga sudah sangat baik, sehingga siswa kelas XI juga memiliki rasa dan semangat kebangsaan, dan memiliki jiwa patriotisme yang tinggi, dari ke enam responden tersebut dapat dilihat bahwa wawasan kebangsaan di kelas XI sudah sangat baik, dan siswa juga menyatakan bahwa pembelajaran PPKn sangat menyenangkan, walaupun ada beberapa siswa yang memang kurang menyukai pelajaran PPKn, karena terlalu banyak mencacat dan menghafal. Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, Pemahaman Wawasan Kebangsaan. ==================================================================================================== This study aims to analyze the learning of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) on the understanding of national insight of class XI students at SMA Negeri I NA IX-X. The research method used is a qualitative research method with data collection tecniques through interviews, this type of research is a qualitative descriptive approach that produces data descriptions in the form of spoken and written words from the respondents who were interviewed. Based on the results of interviews with reacher and students of class XI SMA Negeri I NA IX-X, it can be ascertained that the understanding of national insight of class XI students is quite good, and with quite enjoyable PPKn learning, students understand the learning better, class XI students of SMA Negeri I NA IX-X also have a good understanding of nationality, and the have a hight spirit of patriotism, from the six respondents it csn be seen that national insight in class XI is very good, and students also stated that PPKn learning is very enjoyable, although there are some students who do not like PPKn lessons, because the take too many notes and memorize. Keywords : PPKn Learning, Understanding Of National Insight

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn, Pemahaman Wawasan Kebangsaan================ PPKn Learning, Understanding Of National Insight
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:36
Last Modified: 24 Jun 2025 07:44
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item