PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH SMA SWASTA SE- KECAMATAN RANTAU UTARA

Anwar Fransisco, NPM 2006103001 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH SMA SWASTA SE- KECAMATAN RANTAU UTARA. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengatasi bullying di sekolah SMA SWASTA se-kecamatan Rantau Utara, dan untuk mengetahui layanan yang diberikan kepala sekolah dalam mengatasi perilaku bullying disekolah SMA SWASTA se-kecamatan Rantau Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. lokasi penelitian di sekolah SMA SWASTA se-Kecamata Rantau Utara, kabupaten Labuhanbatu, penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2023 sampai mei 2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa Wawancara. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dan data sekunder yaitu data yang sudah tersedia dan dikumpulkan pihak lain, dari data primer didapat oleh peneliti yaitu Kepala Sekolah SMA SWASTA se Kecamatan Rantau Utara sebanyak 5 Kepala Sekolah, dan data sekunder yang didapat oleh peneliti yaitu berupa jurnal. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti maka didapat hasil kesimpulan Melakukan mediasi dan memberikan teguran kepada siswa yang menjadi pelaku bullying agar memberikan efek jerah supaya siswa tidak mengulanginya di kemudian hari. Melakukan pendekatan kepada siswa yang menjadi korban bully dan memberikan masukan yang membuat si anak mau terbuka dan bercerita tentang permasalahannya dan tentang nilai-nilai agama dan juga memberi masukan kepada siswa tentang sikap pengembangan diri. Siswa masih banyak yang tidak berani untuk memberitahukan permasalahannya kepada guru, karena takut akan memperbesar masalah kepada pelaku bullying. Kepala sekolah sangat respon terhadap siswa yang membutuhkan bimbingan dan arahan, selalu terbuka kepada siswa untuk menjadi tempat aduan jika siswa mempunyai masalah. layanan yang diberikan kepala sekolah dalam mengatasi perilaku bullying disekolah sma swasta se-kecamatan rantau utara yaitu berupa : mediasi, teguran, menjadi pemimpin yang peduli dengan peserta didik, membangun kerja sama antara orang tua dengan kepala sekolah, kepala sekolah akan menindak tegas siswa yang menjadi pelaku bullying. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Perilaku Bullying, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Perilaku Bullying, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:45
Last Modified: 02 Feb 2024 03:45
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item