Syahrani Azizah, NPM 2006100028 (2024) ANALISIS LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN (STUDI KASUS KELAS VIII DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 25 RANTAU UTARA TAHUN 2023). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER FULL.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (960kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peserta didik dalam meningkatkan literasi budaya dan kewargaan (studi kasus kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantau Utara), mengetahui upaya para pengajar untuk menerapkan literasi budaya dan kewargaan (studi kasus kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantau Utara). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Swasta Muhammadiyah 25 Rantau Utara Kh. A. Dahlan, Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2023, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan responden peserta didik berjumlah 28 orang dan narasumbernya adalah guru mata pelajaran PKN berjumlah 1 orang. Selanjutnya yang kedua yaitu sekunder. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah upaya yang diberikan oleh para guru untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan siswa adalah dengan memberikan pemahaman tentang literasi budaya dan kewargaan serta upaya lainnya juga adalah para guru memberikan ruang untuk para siswa untuk mempelajari hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dan mempraktekkan contoh dari berbagai macam budaya dengan mempersilahkan para siswa untuk mengeluarkan kreasinya dalam seni tari dan juga kecakapan berbahasa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket yang diisi oleh para siswa menyatakan 60,7% siswa mampu menumbuhkan kepeduliannya terhadap budaya. Para siswa mulai mengerti dan memahami serta menerapkannya dikehidupan sehari-hari dari penjelasan yang diberikan oleh gurunya, hal ini dapat dilihat dari presentase angket yang didapatkan yaitu 50% dalam memahami literasi budaya dan kewargaan sehingga bisa dikatakan mereka masih didalam tahap memulai, serta upaya yang telah dilakukan oleh para siswa untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan mereka adalah dengan mulai memahami dengan baik pengertian dari literasi budaya dan kewargaan, tidak hanya memahami namun para siswa juga melaksanakan atau menerapkan literasi budaya dan kewargaan tersebut, yaitu dengan mengurangi pembelian produk dari luar negeri yang tidak ada manfaatnya, serta memahami dengan baik hak nya serta kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia dengan baik, sehingga dapat dikatakan literasi budaya dan kewargaan para siswa di SMP Swasta Muhammadiyah sudah baik. Kata Kunci : Literasi, Budaya, Kewargaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Budaya, Kewargaan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:28 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:28 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/664 |
Actions (login required)
View Item |