Masliyah, NPM 1904300083 (2023) POLA INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI MTS DARUL IRSYADIAH SELAT BETING KABUPATEN LABUHANBATU. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (55kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (667kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada peningkatan kedisiplinan siswa, yang tentunya akan ada banyak sekali ditemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan/pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa. Ada berbagai macam bentuk ketidakdisiplinan yang biasanya siswa lakukan, baik di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pola interaksi antara guru dan siswa di MA Miftahussalam Slahung Ponorogo, dan (2) medeskripsikan bagaimana implementasi pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa di MTs Darul Irsyadiah Selat Beting Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitataif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan ialah dengan cara melakukan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sementara pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan serta triangulasi. Hasil penelitian ditemukan pola interaksi antara guru dan siswa di MTs Darul Irsyadiah Selat Beting Kabupaten Labuhanbatu merupakan pola interaksi yang bersifat asosiatif, yang mana interaksi ini mengarah pada bentuk-bentuk asosiasi seperti kerja sama, akomodasi, dan juga asimilasi. Interaksi antara guru dan siswa selalu dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, baik itu di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian juga menemukan bahwa implementasi pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa di MTs Darul Irsyadiah Selat Beting Kabupaten Labuhanbatu menghasilkan dua bentuk pengimplementasian yang diterapkan oleh pihak madrasah. Pertama, pola interaksi dalam bentuk asimilasi, yang mana di dalamnya diterapkan berbagai bentuk pembiasaan, baik itu pembiasaan pada kegaiatan keagamaan dan juga kepramukaan. Selain itu juga diterapkannya keteladanan serta contoh dan suri tauladan yang baik bagi siswanya. Kedua, pola interaksi dalam bentuk akomodasi, yang mana di dalamnya diterapkan pengawasan yang ditangani langsung oleh bapak dan ibu guru, penerapan peraturan dan juga tata tertib madrasah baik tertulis maupun tidak tertulis, serta pemberian sanksi serta hukuman bagi siswa yang melanggar kedisiplinan. Kata Kunci : Pola Interaksi, Guru, Siswa dan Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Interaksi, Guru, Siswa dan Kedisiplinan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:39 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:39 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/920 |
Actions (login required)
View Item |