MEGA WATI, NPM 2004300008 (2024) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TUMBUHAN TINGKAT RENDAH DIKELAS X SMA NEGERI I PANAI TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan proses sains juga di definisikan sebagai kemampuan yang digunakan untuk menyelidiki fenomena alam dan membangun konsep IPA (Gultepe, 2016) Guru sebagai fasilitator harus mampu membimbing siswa agar berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains melibatkan keterampilan kognitif, social dan psikomotorik yang apabila di ajarkan kepada siswa akan menjadi kan pembelajaran IPA yang lebih bermakna (Nugraha et al., 2017).Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kemampuan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Tumbuhan Tingkat Rendah Di kelas X Sma Negeri I Panai Tengah , Untuk mengetahui faktor pembelajaran Keterampilan Proses Sains Pada Materi Tumbuhan Tingkat Rendah Di kelas X SmaNegeri I Panai Tengah. Jenis peneitian ini menggunakan Deskriptif Kuanlitatif, penelitian deskriptif kuanlitatif ini merupakan penelitian yang di gunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Penelitian deskritif kuantitaif ini melihat serta menggambarkan objek dan angka yang di teliti dengan apa adanya untuk mencari sebuah kesimpulan. Berdasarkan data hasil analisis yang diperoleh dari lembar observasi, wawancara dan dokumentasi selama penelitian, Maka penulis menyimpulkan bahwa menunjukan bahwa perolehan pada indikator keterampilan proses sains yaitu Pada diagram diatas menunjukan bahwa perolehan pada indikator keterampilan proses sains yaitu Mengajukan pertanyaan diperoleh angka sebesa sangat sulitr 53,9%, Menggunakan alat bahan diperoleh angka sebesar 46.74% sulit, Berkomunikasi diperoleh angka sebesar 45.40% sulit, Merencanakan percobaan diperoleh angka sebesar 43,98% sulit, Keterampilan mengamati diperoleh angka sebesar 38,96% sedang/ cukup, Menafsirkan diperoleh angka sebesar 30.11% sedang/cukup, Mengelompokkan/ Mengklasifikasikan diperoleh angka sebesar 26.55% rendah, Meramalkan diperoleh angka sebesar 25.05% rendah Sangat Baik, Menerapkan konsep diperoleh angka sebesar 23.25% rendah. Kata Kunci : Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Proses Sains,Tumbuhan Tingkat Rendah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Proses Sains,Tumbuhan Tingkat Rendah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:12 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 02:12 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1109 |
Actions (login required)
View Item |