IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA

Iin Patrama Ritonga, NPM 2006100036 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yang diterapkan di SMA Negeri 2 Rantau Utara serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) di SMA Negeri 2 Rantau Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Rantau Utara Jalan Menara Nomor 4 Rantauprapat, Siringo-ringo, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara. Pengambilan data penelitian dimulai pada bulan Januari 2024. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yaitu kepala sekolah sebagai informan kunci, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran PKn kelas XI, serta siswa kelas XI yang semuanya sebagai narasumber. Serta data sekunder yang berupa dokumentasi yang menunjang penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) pada tahapan monitoring dan evaluasi di SMA Negeri 2 Rantau Utara bisa dikatakan berjalan dengan baik dan berhasil, hal ini ditunjukkan dengan sekolah memiliki visi misi sebagai arah dan tujuan sekolah, memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang visi misi sekolah, tenaga pendidik yang mengembangkan potensi dirinya masing masing, lulusan dari SMA Negeri 2 Rantau Utara yang lima puluh persen diterima di perguruan tinggi setiap tahunnya, serta para alumni yang banyak berhasil atau menjadi orang sukses. Penerapan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) di SMA Negeri 2 Rantau Utara tidak luput dari dua faktor, yaitu faktor pendukung dan penghamabat. Faktor pendukungnya ialah kesiapan guru dalam mengajar serta sarana prasarana dan fasilitas-fasilitas sekolah yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Faktor penghambatnya ialah dana untuk membangun sarana prasarana dan fasilitas-fasilitas sekolah, tempat tinggal peserta didik, serta kondisi ekonomi orang tua peserta didik. Kata Kunci: MBS, Monitoring dan Evaluasi Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MBS, Monitoring Dan Evaluasi Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 07 May 2024 04:22
Last Modified: 07 May 2024 04:24
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item