ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SILANGKITANG (STUDI KASUS KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN) TAHUN 2023

Reza Tri Lestari, NPM 2006100037 (2024) ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SILANGKITANG (STUDI KASUS KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN) TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi debat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Silangkitang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang aktif bertanya mengenai materi yang disampaikan dan kurang mampu menjawab pertanyaan dengan menyertakan pedapat sendiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Silangkitang beralamat di Dusun Menang Sari Desa Suka Dame Kecamatan Silangkitang. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dengan responden berjumlah 74 orang, narasumber sebanyak 2 orang dan informan kunci 1 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa dalam pembelajaran menggunakan metode debat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Silangkitang. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-1 pada indikator pertama terdapat 100% siswa memiliki keterampilan memecahkan masalah, dalam indikator kedua sebanyak 50% siswa dapat menganalisis masalah terlebih dahulu, pada indikator ketiga sebanyak 100% siswa mampu mengevaluasi dan menilai suatu masalah, pada indikator keempat sebanyak 59,37% siswa mampu menyimpulakn materi, pada indikator kelima sebanyak 75% siswa memiliki keterampilan mensintesis. Kemampuan berpikir kritis kelas VIII-2 pada indikator pertama sebanyak 100% siswa memiliki keterampilan memecahkan masalah, pada indikator kedua sebanyak 55% siswa dapat menganalisis masalah terlebih dahulu, pada indikator ketiga sebanyak 100% siswa mampu mengevaluasi dan menilai suatu masalah, pada indikator keempat sebanyak 55% siswa mampu menyimpulakn materi, pada indikator kelima sebanyak 60% siswa memiliki keterampilan mensintesis. Kemampuan berpikir kritis kelas VIII-3 pada indikator pertama sebanyak 100% siswa memiliki keterampilan memecahkan masalah, pada indikator kedua sebanyak 58,82% siswa dapat menganalisis masalah terlebih dahulu, pada indikator ketiga sebanyak 100%, pada indikator keempat sebanyak 70,58% siswa mampu menyimpulakn materi, pada indikator kelima sebanyak 52,94% siswa memiliki keterampilan mensintesis. Peningkatan tersebut terjadi pada proses dan hasil yang di dapat dari penyebaran angket siswa kelas VIII. Kata Kunci : Strategi Debat, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelas VIII ================================================================================================= This research aims to find out how the implementation of debate strategies improves the critical thinking skills of class VIII students at Silangkitang 2 Public Middle School. This research was motivated by the low critical thinking skills of students, including students being less able to express their opinions using logical reasons related to the material presented by the teacher, students being less active in asking questions about the material presented and less able to answer questions by including their own opinions. This research was carried out at Silangkitang State Middle School 2 located at Menang Sari Hamlet, Suka Dame Village, Silangkitang District. Data analysis was carried out descriptively qualitatively. The data sources in this research are primary data sources with 74 respondents, 2 informants and 1 key informant. Data collection techniques use observation, interviews, questionnaire distribution and documentation. Data analysis includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of research and data analysis, it shows that learning using the debate method can improve the critical thinking skills of class VIII students at Silangkitang 2 State Middle School. This can be seen from the results of the percentage of critical thinking skills of class VIII-1 students in the first indicator, 100% of students have problem solving skills, in the second indicator 50% of students can analyze problems first, in the third indicator 100% of students are able to evaluate and assessing a problem, in the fourth indicator 59.37% of students were able to summarize the material, in the fifth indicator 75% of students had synthesis skills. The critical thinking skills of class VIII-2 in the first indicator are 100% of students have problem solving skills, in the second indicator 55% of students can analyze problems first, in the third indicator 100% of students are able to evaluate and assess a problem, in the fourth indicator as many as 55% of students were able to summarize the material, in the fifth indicator 60% of students had synthesis skills. The critical thinking skills of class VIII-3 in the first indicator are 100% of students have problem solving skills, in the second indicator 58.82% of students can analyze problems first, in the third indicator 100%, in the fourth indicator 70.58% of students able to summarize the material, in the fifth indicator as many as 52.94% of students have synthesis skills. This increase occurred in the process and results obtained from distributing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Debat, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelas VIII =================================== Debate Strategy, Critical Thinking Ability, Class VIII
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 07 May 2024 09:07
Last Modified: 07 May 2024 09:07
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item