IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BILAH BARAT

Juli Apriani Hasibuan, NPM 2006100011 (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BILAH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (363kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Upaya-upaya guru PPKn membangun sikap toleransi di SMA Negeri 1 Bilah Barat; (2) Untuk mengetahui Implementasi nilai-nilai multikultural dalam upaya membangun sikap toleransi peserta didik di SMA Negeri 1 Bilah Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, peneliti dapat mendeskripsikan beberapa fakta di lapangan untuk menggambarkan hasil penelitian, berupa temuan umum dan temuan khusus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya guru PPKn membangun sikap toleransi di SMA Negeri 1 Bilah Barat dengan (a) Penanaman nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran, dengan melakukan upaya untuk mencegah tumbuhnya intoleran yang mengarah pada radikalisasi dan menumbuhkan kesadaran toleransi dalam kehidupan beragama; (b) Menghormati dan menghargai perbedaan melalui pembiasaan baik dan keteladanan. Pembiasaan ini lakukan disetiap pembelajaran khususnya pelajaran PPKn yang dimulai dengan mengucap salam dan berdoa menurut keyakinan masing-masing, memastikan bahwa kelas dalam keadaan tertib dan bersih, selanjutnya dalam proses pembelajaran guru selalu merespon dan memperhatikan setiap siswa, guru menggunakan metode pembelajaran yang variatif; (c) Kesetaraan. Perolehan data lapangan oleh peneliti bahwa kesetaraan yang dilakukan guru adalah dengan tidak membeda-bedakan siswa dalam semua kegiatan sekolah, baik kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. (2) Implementasi Nilai-nilai Multikultural dalam Upaya Membangun Sikap Toleransi Peserta didik di SMA Negeri 1 Bilah Barat adalah Nilai-nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bilah Barat yaitu terciptanya suasana pembelajaran PPKn yang kondusif dikarenakan materi pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasi terhadap perbedaan yang ada. Seperti halnya pendidikan juga berfungsi untuk menanamkan pemahaman kepada peserta didik bahwa hidup dalam lingkungan yang plural merupakan takdir Tuhan yang tidak mungkin terelakkan. Upaya sekolah dalam membangun dan menguatkan nilai-nilai multikultural dalam upaya membangun sikap toleransi siswa adalah melalui dua kegiatan yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kata Kunci : Implementasi, Multikultural, Toleransi ==================================================================================================== The aims of this research are: (1) To determine the efforts of PPKn teachers to build an attitude of tolerance at SMA Negeri 1 Bilah Barat; (2) To find out the implementation of multicultural values in an effort to build students' attitudes of tolerance at SMA Negeri 1 Bilah Barat. The method used in this research is qualitative, using observation techniques, interviews and documentation studies, researchers can describe several facts in the field to describe the research results, in the form of general findings and specific findings. The results of this research are: (1) Efforts by PPKn teachers to build an attitude of tolerance at SMA Negeri 1 Bilah Barat by (a) Instilling the values of tolerance through learning, by making efforts to prevent the growth of intolerance which leads to radicalization and fostering awareness of tolerance in life religious; (b) Respect and appreciate differences through good habits and example. This habit is carried out in every lesson, especially Civics lessons, which starts with saying hello and praying according to each person's beliefs, ensuring that the class is orderly and clean, then in the learning process the teacher always responds and pays attention to each student, the teacher uses varied learning methods; (c) Equality. Field data obtained by researchers shows that equality is carried out by teachers by not discriminating against students in all school activities, both intracurricular and extracurricular activities. (2) Implementation of multicultural values in an effort to build a tolerant attitude of students at SMA Negeri 1 Bilah Barat, namely the values of multicultural education in PPKn learning at SMA Negeri 1 Bilah Barat, namely the creation of a conducive PPKn learning atmosphere because the learning material teaches mutual respect, tolerance and democracy towards existing differences. Just as education also functions to instill an understanding in students that living in a pluralistic environment is God's destiny that cannot be avoided. The school's efforts to build and strengthen multicultural values in an effort to build students' attitudes of tolerance are through two activities, namely intracurricular and extracurricular. Keywords : Implementation, Multicultural, Tolerance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Multikultural, Toleransi ================================== Implementation, Multicultural, Tolerance
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 21 May 2024 06:43
Last Modified: 21 May 2024 06:43
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item