YOHANA THERESIA, NPM 1906100043 (2023) PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS X DI SMA SWASTA PANGLIMA POLEM RANTAU PRAPAT. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (981kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menerangkan faktor – faktor Guru ppkn Dalam Menanamkan Nilai – Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X Di SMA Swasta Panglima Polem Rantau Prapat. Oleh karena itu penelitian ini berujuan untuk mengetahui Peran Guru ppkn Dalam Menanamkan Nilai – Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X Di SMA Swasta Panglima Polem Rantau Prapat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan. Penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena. Adapun yang memberi informasi atau keterangan (informan) adalah Guru PPKn SMA Swasta Panglima Polem Rantauprapat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menerapkan teknik analisisa 1. Pengumpulan Data, 2. Reduksi data, 3. Penyajian data, 4. Menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat beberapa hal yang harus diketahui peran Guru ppkn dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam menanamkan nilai – nilai pancasila di SMA Swasta Panglima Polem Rantauprapat sudah berjalan dengan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan keterangan – keterangan yang diperoleh dari informan yang menyatakan bahwa peran guru ppkn dalam menanamkan nilai – nilai pancasila pada siswa kelas X di SMA Swasta Panglima Polem Rantauprapat telah berjalan dengan baik. Dari penelitian yang sudah dilakukan diperoleh informasi yang menunjukkan bahwa peran guru ppkn dalam menanamkan nilai – nilai pancasila pada siswa telah berjalan dengan baik hal ini terlihat dari perilaku siswa yang telah mencerminkan nilai – nilai pancasila pada kehidupan sehari – hari . Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraaan, Nilai – Nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraaan, Nilai – Nilai Pancasila. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:01 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 04:01 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/748 |
Actions (login required)
View Item |