PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Nurul Hidayah Ritonga, NPM 2005100015 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Rantau Selatan pada semester genap dengan sampel kelas XI MIPA 6 sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes uraian pemahaman konsep berbentuk etnomatematika. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan homoogenitas dengan berbantukan aplikasi SPSS versi 22. untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Anova Satu Jalur degan hasil signifikasi 0,00 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan untuk pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika. Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Rantau Selatan memperoleh nilai mean dari tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan sebesar 47,78 dan nilai mean dari tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan sebesar 71,97. Kata Kunci : LKPD, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:07
Last Modified: 08 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item