HARYANI KARTIKA LUBIS, NPM 2106100011 (2025) PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI PELAJARAN PPKN (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
![]() |
Text
COVER FULL.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global Melalui Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Rantau Selatan, Kab. Lahuhanbatu. Tahun Ajaran 2024. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan observasi secara langsung ke lokasi, yaitu SMP Negeri 2 Rantau Selatan di Jl. H. M. Said No. 226 Sigambal, Perdamean, Kec Rantau Selatan" Kab. Labuhanbatu. Prov. Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2A24 s.d. Januari 2A25. Menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan jumlah responden sebanyak 6 siswa dan satu informan kunci guru mata pelajaran PPKn, sumber yang kedua yaitu sumber data sekunder" diperoleh dari berbagai sumber seperti dokumen resmi, buku, jurnal maupun situs web yang dapat digunakan sebagai penduknng dan pelengkap data dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global di SMP Negeri 2 Rantau Selatan telah diterapkan dengan baik oleh guru mata pelajaran PPKn dan dipahami dengan baik pula oleh siswa. Penerapan tersebut dilakukam guru dengan cara memberikan contoh-contoh nyata seperti menjeiaskan suku-suku yang ada di Indonesia baik melalui media sosial maupun benda-benda yang memiliki unsur-unsur budaya, lalu mempraktikkannya secara langsung kepada siswa. Dengan begitu siswa dapat mempelajari dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Berkebinekaan Global, Pelajaran PPKn, SMP Negeri 2 Rantau Selatan ==================================================================================================== This research aims to understand the implementation of the Pancasila Student Profile with a Global Diversity Through PPKn Lessons at SMP Negeri 2 Rantau Selatan, Labuhanbatu Regency, Academic Year 2024. This research was conducted through direct observation at the location, namely SMP Negeri 2 Rantau Selatan, Kb. Labuhanbatu, Prov, North Sumatra. This research was conducted from December 2024 to January 2025. Using observation, interviews , and documentation study as data collection techniques. The data sources used are primary data sources with a total of 6 student respondents and one key informant, the PPKn subject teacher. The second source is secondary data sources, obtained from various souces such as official documents, books, journal, and websites that can be used as supporting and supplementary data in the research. The result of this research is that the implementation of the Pancasila Srudent Profile wist a Global Diversity Dimension at SMP Negeri 2 Rantau Selatan has been well executed by the PPKn subject teacher and well understood by the student. The implementation was carried out by the teacher by providing real-life examples, such as explaining the ethnic groups in Indonesia through social media or cultural artifacts, and practicing it directly with the student. In this way, students can learn and apply it in their lives. Keywords : Pancasila Student Profile, Global Diversity Dimension, PPKn Lesson, SMP Negeri 2 Rantau Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Berkebinekaan Global, Pelajaran PPKn, SMP Negeri 2 Rantau Selatan==================Pancasila Student Profile, Global Diversity Dimension, PPKn Lesson, SMP Negeri 2 Rantau Selatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 08:16 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:44 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |