PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPETALKING STICK DENGAN METODE CERAMAH DALAM PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR KECIL PADA HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN

Putri Dewi Hartati Hasibuan, NPM 200610300 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPETALKING STICK DENGAN METODE CERAMAH DALAM PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR KECIL PADA HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model Pembelajaran Cooperative Learning type Talking Stick merupakan salah satu metode yang menekankan pada keterlibatan siswa pada proses belajar mengajar, untuk berani mengemukakan pendapat. Dengan model pembelajaran Cooperative Learning type Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan dari diskusi yang membuat mereka menjadi aktif. Penerapan model Talking Stick murni berorientasi pada aktivitas individu murid yang dilakukan dalam bentuk permainan. Pembelajaran dalam bentuk permainan dapat meningkatkan daya tarik dan minat murid dalam belajar sehingga pembelajaran tidak monoton. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi didalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 dan IPS-2 yang aktif terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Yaitu desain kuasi eksperimen dengan melibatkan perbedaan pretest maupun posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random yang merupakan bentuk metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t juga juga diperoleh thitung>ttabel = 18,0005>3,6669 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran CooperativeType Talking Stick dalam pembentukan kelompok belajar kecil terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Kata Kunci : Cooperative Learning Talking Stick, Siswa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Talking Stick, Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:30
Last Modified: 03 Jan 2024 03:40
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item